Sejahterakan Masyarakat, Kodim Loteng Galakkan Budidaya Ikan Melalui Program Koramil Unggulan

/ 30 Januari 2022 / 1/30/2022 08:38:00 AM

Policewatch-Lombok Tengah.

Koramil 09/Pringgarata menggalakkan kegiatan budidaya ikan di Dusun Gunung Agung Desa Pringgarata Kecamatan Pringgarata dengan melepas 10.000 bibit ikan Nila di kolam air tawar. Kegiatan tersebut merupakan program Koramil Unggulan Kodim 1620/Loteng dalam rangka meningkatkan kesejahteraan ekonomi warga masyarakat.

Komandan Kodim 1620/Loteng, Letkol Inf. I Putu Tangkas Wiratawan, S. IP., mengatakan Demplot budidaya perikanan di wilayah Pringgarata merupakan salah satu usaha potensial untuk dikembangkan sebagai upaya mendukung pemerintah mewujudkan ketahanan pangan wilayah.

"Hingga saat ini usaha budidaya ikan kolam air tawar masih terus di kembangkan. Jajaran Kodim Loteng secara perlahan telah membidik sektor pengembangan budidaya ikan sebagai salah satu program prioritas untuk menambah pendapatan ekonomi masyarakat," ujar Dandim, Sabtu 29 Januari 2022. 



Dandim menuturkan budidaya ikan program Koramil Unggulan Desa Pringgarata menyasar pada pelaku usaha menengah kebawah dengan tujuan merangsang wirausaha baru dan memperluas kawasan budidaya air tawar yang potensinya belum termanfaatkan secara optimal. 

Namun demikian, menurutnya, untuk mendukung suksesnya pengembangan budidaya ikan air tawar diperlukan benih secara kontinyu sehingga perlu dilakukan perbaikan sarana prasarana penyediaan benih baik di Balai Benih Ikan maupun Unit Perbenihan Rakyat.

"Oleh karena itu pelatihan juga perlu digalang agar pembudidaya bisa terus mengasah dan menambah kompetensinya sehingga dapat mempersiapkan diri untuk mendorong usahanya melalui momentum ini,” kata Dandim.

Melalui program Koramil Unggulan, Dandim berharap upaya-upaya kreatif seperti budidaya ikan bisa menjadi contoh bagi masyarakat sekitar untuk mendukung serta memperkuat ketahanan pangan di wilayah. 

“Kami juga siap membantu untuk memberikan pendampingan. Selain membantu petani turun kesawah, TNI jajaran Kodim Loteng juga turut berperan aktif berupaya dan mensukseskan swasembada pangan terkait program ketahanan pangan," pungkasnya."FR".

Komentar Anda

Berita Terkini