PKH cair, Agen Mandiri diserbu KPM PKH.

/ 27 Februari 2022 / 2/27/2022 07:54:00 AM

 

Garut-policewatch.news-Program yang di gulirkan oleh pemerintah sebagai program unggulan untuk membantuk masyarakat yaitu Program keluarga Harapan (PKH) pada tahun 2022 seluruh KPM yang ada di kabupaten Garut tersenyum bahagia, karena ada pencairan pertama di tahun ini.

Dalam kesempatan ini kami memantau Dan mencoba menemui baik ketua kelompok dan KPM salah satunya yang ada didesa wangunjaya kecamatan banjarwangi kabupaten Garut. Dalam melakukan pengecekan dan pengambilan Uang PKH. KPM yang ada di wilayah tersebut mendatangi agen mandiri yang ada di wil terdekat. 

Awalnya ada isu yang terdengar di beberapa wilayah bahwa terdapat kartu KPM yang di pegang oleh ketua kelompoknya, untuk memastikan tim awak media kami melakukan kroscek ke lapangan mendatangi beberapa KPM untuk memastikan isu yang beredar tersebut.

Ketika dilapangan kami bertemu dengan salah satu KPM yang bernama imas, kami mempertanyakan dimana   biasanya melakukan penarikan uang PKH dan Apakah benar ada pengkolektipan.

 "Biasanamah dicandak di agen mandiri anu caket weh pak da upami kedah cikajang kantenan kedah ka garut mah bakal seep ku ongkos,acan panginten kedah jajan atanapi sakantenan balanja da pameng nya saalitna 100rebu mah bakal seep pami angkat ka atm mandiri mah mending ka agen nu caket paling admin 5000,kumaha atuh bakal seep artos PKH teh. 

Apan artos PKH teh sanes kango biaya murangkalih sakola.kartu kpm mah sadayna oge di carepeng ku jalmina masing-masing mung pedah upami alim angkat kango ngacek kantenan nuju aya padamelan mah osok nitip kasaha weh nu sami bade ngacek bade ka ketua kelompok atanapi kanu sami anggota. Ah kango abimah nupentingmah aya struk buktos.alhamdulilah salami ie mah te aya  potongan-potongan da".

Selain anggota KPM kamipun mencoba bertanya kepada salah satu ketua kelompok yang ada didesa wangunjaya tersebut perihal benar tidaknya ada bahwa kartu kpm dipegang oleh ketua kelompok dan ada potongan dari ketua kelompok.

"Sakumaha saur pendamping tiap pembinaan silaturahmi kartu mah kedah di anggota sadayana,mung kadang sok aya anu nitip saupami ibu bade ngacek kartu PKH tadinamah meh sakantenan panginten supados te ngabring kantenan ayena pak nuju corona mah apan te kenging seer teing ngariung,upami atos dicek atanapi dicandak ku abi ge tara di cecepeng langsung dipasihken dei ka anggota anu gaduhna, da kango naon atuh pak di cepeng oge percuma da moal tiasa dicadak ku abi sareng bakal ka pendak da upami leres dicandak kunu sanes mah da tiasa buku tabungana dicek ka bank. Upami aya nu nitip pang nyandaken artos oge apan dipsihken sareng strukna sakantenan kartuna oge, te acan kantos aya potongan potongan mangga weh tarosken anggota".

Jadi pada prinsipnya didalam pencairan PKH didesa wangunjaya tidak pernah ada potongan dan dilakukan di agen mandiri yang ada di wilayah tersebut dengan alasan jika penarikan di atm harus ke daerah cikajang bahkan garut kota yang membutuhkan ongkos cukup lumayan besar,kartu PKH sudah dipegang masing-masing KPM & setiap pencairam selalu disertakan dengan struk penarikan.(dera taopik)

Komentar Anda

Berita Terkini