42 Persen Jalan di Kab. Pasuruan Perlu Perbaikan, Dinas PU Bina Marga Tunggu Dana Cair

/ 12 April 2022 / 4/12/2022 04:06:00 PM

POLICEWATCH.NEWS, PASURUAN-  Hampir sebagian jalan yang ada di Kabupaten Pasuruan mengalami kerusakan. sebagian besar warga Keluhkan tentang jalan rusak dari berbagai Kecamatan. Selama musim penghujan,  jalan-jalan di berbagai wilayah yang teraebar di Kabupaten Pasuruan, semakin rusak parah, Dinas PU Bina Marga dan Bina Konstruksi Kabupaten Pasuruan masih menunggu anggaran pemeliharaan cair untuk memperbaikinya.


Sekretaris Dinas Bina Marga dan Bina Kontruksi Eko Bagus menyebutkan, panjang jalan di Kabupaten Pasuruan mencapai 2.315, 89 kilometer. Dari jumlah tersebut, sekitar 42 persennya rusak. Panjangnya sekitar 982 kilometer. Baik rusak ringan, sedang, hingga berat.

"Kondisi sepanjang 1.333, 889 kilometer jalan di Kabupaten Pasuruan baik. Jalan dikatakan baik karena kondisinya mulus. Kalaupun ada kerusakan, kondisinya masih di bawah 11 persen,"ujarnya. Selasa (13/04/2022)

Lebih lanjut ia mengatakan, jalan Kabupaten Pasuruan yang dalam kondisi sedang tercatat ada sepanjang 607, 613 kilometer. Kerusakan yang terjadi tak melebihi 16 persen. Lubang-lubang kecil dan tak sampai parah.

"Sementara itu, jalan yang masuk kategori rusak tercatat sepanjang 209,191 kilometer. Jalanan itu masuk kategori rusak jika kerusakannya berkisar antara 16 persen hingga 23 persen. Jika kerusakan di atas 23 persen, jalan itu masuk kategori rusak berat. Data jalan yang rusak berat di Kabupaten Pasuruan mencapai 165,200 kilometer.

Masih Menurut Eko, Pemkab Pasuruan saat ini mengalokasikan dana hingga Rp 57 miliar. Dana tersebut bersumber dari dana alokasi umum (DAU) untuk merekonstruksi jalan yang rusak berat ataupun jalan yang membutuhkan pemeliharaan berkala.

"Dana itu belum termasuk support dari dana alokasi khusus (DAK) tahun 2022 senilai Rp 19 miliar. Khusus DAK, anggarannya digunakan untuk jalan yang rusak parah di Kabupaten Pasuruan. Misalnya, ruas jalan ke Banyubiru, ruas Semut-Ngembal, ruas Sengonagung–Pager, Lecari–Kayoman, Kronto—Wonorejo, dan ruas Jimbaran–Kedawung,”tambahnya.

Ia menambahkan nggarannya sekitar Rp 8 miliar. Dana itu dialokasikan untuk jalan yang rusak ringan. Seperti aspal mengelupas atau kerusakan kecil lain. Dananya tidak hanya untuk jalan, tetapi juga untuk yang lain, seperti jembatan.

"Meski begitu, lanjut Eko, anggaran tersebut belum cukup untuk menangani seluruh jalan yang rusak. Apalagi, kerusakan jalan bermunculan karena faktor cuaca, intensitas kendaraan, berat kendaraan, dan berbagai faktor, anggaran yang disiapkan dari DAU maupun DAK itu hanya cukup menangani setidaknya 120 kilometer. ”Dengan anggaran tersebut, yang bisa ditangani kurang lebih 120 kilometer,” jelasnya. (Dr)

Komentar Anda

Berita Terkini