4 HIKMAH & KEUTAMAAN BERQURBAN

/ 12 Juli 2022 / 7/12/2022 08:17:00 AM
 Ragam ,Religi
Edisi ke 14




Assalamualaikum warahmatullohi wabarokatuh..

Alhamdulillah pembaca ,Nitizen Policewatch.news,kita tayang kembali setelah 2hari belum sempat tayang.

persiapan dan kesiapan kami redaksi Policewatch.news Sambut Iedul Adha membutuhkan fokus Totalitas ,energy Maksimal dalam rangka mengikuti Jejak Nabi Ibrahim dan Nabi Ismail dan telah di contohkan Baginda yang Mulia Rasulullah Muhammad SAW.

 Demikian pun Umat Islam Setanah Air Indonesia Khususnya dan Umat Islam Sedunia Sambut Perayaan Iedul Adha  10 Dzulhijjah 1443 Hijriyah dengan Gegap Gembira,kegembiraan dan kekhusu'an dalam menjalankan Ibadah Sholat Iedul Adha dan dilanjutkan penyembelihan Hewan Qurban..

Berqurban merupakan ibadah yg sangat dianjurkan bagi setiap umat Islam :

Melaksanakan ibadah berqurban menjadi salah satu cara mendekatkan diri kepada Allah Swt dan juga sebagai bentuk ketaatan terhadap perintah-Nya. 

Perintah berqurban langsung diperintahkan oleh Allah Swt dalam surah Al Kautsar ayat 2 : “Dirikanlah shalat dan berqurbanlah”

(Q.S. Al-Kautsar: 2).

Menjalankan ibadah Qurban pastilah memiliki hikmah yg akan diperoleh bagi yg mengerjakannya. 

Berikut beberapa hikmah dalam berqurban yang wajib diketahui :

1. Mengenang ketaatan Nabi Ibrahim :

Ibadah Qurban selalu mengingatkan kita kepada kisah Nabi Ibrahim dan putranya, Nabi Ismail. Dengan melaksanakan berkurban, maka kita sebagai umat muslim sekaligus mengingat bagaimana luar biasanya ketaatan Nabi Ibrahim dan Nabi Ismail terhadap perintah Swt.

2. Meraih Ketaqwaan :

Saat seseorang berqurban maka ia berniat meningkatkan ketaqwaan kepada Allah Swt kerena sudah menjalankan salah satu ibadah yang paling dicintai oleh Allah.

Allah Swt berfirman : “Daging² unta dan darahnya itu sekali-kali tidak dapat mencapai (keridhaan) Allah, tetapi ketaqwaan dari kamulah yg dapat mencapainya.”

_(Q.S. Al-Hajj: 37)_.

Selain itu, Rasulullah bersabda :

_"Tidak ada amalan anak cucu Adam pada Hari Raya Idul Qurban yg lebih dicintai Allah melebihi dari mengucurkan darah (berqurban), sesungguhnya pada hari kiamat nanti hewan² itu akan datang lengkap dengan tanduk-tanduknya, kuku-kukunya, dan bulu-bulunya.”_

3. Sebagai syiar islam :

Dengan berqurban,  kita sebagai umat muslim sekaligus berarti melakukan syiar Islam dan wujud kepatuhan kepada ajaran Allah Swt dan Rasulullah SAW.

Allah Ta'ala berfirman:

“Dan bagi tiap² umat telah Kami syariatkan penyembelihan (Qurban), supaya mereka menyebut nama Allah terhadap binatang ternak yg telah direzekikan Allah kepada mereka, maka Tuhanmu ialah Tuhan Yg Maha Esa, karena itu berserah dirilah kamu kepada-Nya. Dan berilah kabar gembira kepada orang² yg tunduk patuh (kepada Allah).

_(QS al- Hajj 22 : 34)._

4. Sedekah yg lebih dari uang :

Ibadah berqurban lebih baik dibandingkan bersedekah dengan sejumlah uang senilai harga hewan qurban.


Dalam kitab Ahkam Udhiyah adz Dzakaah, Ibnu Qayyim mengatakan : "Penyembelihan yg dilakukan di waktu mulia lebih afdhol daripada sedekah senilai penyembelihan tersebut. Oleh karenanya jika seseorang bersedekah untuk menggantikan kewajiban penyembelihan pada manasik haji tamattu’ dan qiron meskipun dengan sedekah yg bernilai berlipat ganda, tentu tidak bisa menyamai keutamaan qurban.”.

_nitizen Policewatch.newspara sohib  ku , Semoga Allah selalu mengampuni dosa kita dan menambahkan keberkahañ  Rezeki kita  di bulan Dzulhijjah ini  untuk dapat berqurban.. Aamiin Yarabbal'aalamiiin

     Redaksi policewatch.news
H.Abd.Wakhid Irvanto(12/07/2022)
Komentar Anda

Berita Terkini