Jaga Ketahanan Pangan, Babinsa Tampak Siring Bersama Warga Tanam Jagung

/ 29 Agustus 2022 / 8/29/2022 02:26:00 PM



Policewatch-Lombok Tengah.

BINTARA Pembina Desa (Babinsa) dari Koramil 1620-07/Batukliang, Serma Lalu Ahadi, membantu warga Dusun Jeranjang Desa Tampak Siring, Kecamatan Batukliang, Lombok Tengah, menanam jagung di lahan seluas 1 hektare.

Masyarakat desa merasa sangat senang dengan kehadiran Babinsa yang ikut membantu kegiatan penanaman setiap harinya.

Dandim 1620/Lombok Tengah, Letkol Inf. I Putu Tangkas Wiratawan, S. IP., menjelaskan pihaknya tanam jagung bersama di Dusun Jeranjang tersebut untuk membantu peningkatan ekonomi warga masyarakat.



Selain itu, Dandim menuturkan bahwa kegiatan tanam bersama yakni untuk mewujudkan ketahanan pangan di Kabupaten Lombok Tengah yang tetap terjaga.

"Hal itu sesuai dengan kebijakan pemerintah dan tugas Babinsa yang selalu hadir di tengah masyarakat dan senantiasa menjadi solusi," Ujarnya, Senin 29 Agustus 2022 di Makodim.

Ia berharap warga betul-betul memanfaatkan lahannya untuk menyediakan pangan, dengan komoditas unggulan seperti padi, jagung, kedelai, sayuran, bawang merah, pisang, tebu maupun tembakau. 

Seperti yang diketahui jagung adalah tanaman potensial penuh manfaat. Baik dari buah, daun, batang sampai janggel/ tongkol-nya pun bisa dimanfaatkan. 

Jagung dimanfaatkan bukan hanya sebagai pangan pokok, tetapi juga bahan baku industri, seperti pati, gula jagung, dan pangan olahan. Bahkan juga menjadi bahan energi (bio etanol). 

Olehnya, Dandim mengingatkan masyarakat dapat menyesuaikan musim tanam sesuai dengan kondisi geografis dan keadaan tanah di wilayah, karena tentunya setiap daerah memiliki konstfuksi tanah yang tidak sama.

"Momen kebersamaan para Babinsa di lapangan juga sebagai salah satu bukti kedekatan TNI dengan rakyat. Kami akan selalu hadir ditengah-tengah masyarakat, dan saling bahu membahu," Tandasnya."M Hasbi".

Komentar Anda

Berita Terkini