Kodim Loteng Kirim Dua Anggota, Ikuti Sosialisasi Tugas Dan Seragam Provos Di Denpom Mataram

/ 31 Agustus 2022 / 8/31/2022 01:26:00 PM



POLICEWATCH-Lombok Tengah.

Untuk menambah pengetahuan dan kemampuan dalam bidang Provos dan Pengunaan seragam, Kodim 1620/Loteng mengirimkan dua anggota untuk mengikuti sosialisasi di Denpom IX-2/Mataram, Rabu 31/8/2022, dalam rangka pembinaan kemampuan provos TNI AD di lingkungan wilayah dan satuan. 

Materi sosialisasi disampaikan langsung oleh Kapten CPM Suripto dan Letda CPM Made rute yang diikuti oleh 26 personel dari seluruh satuan yang ada di jajaran Korem 162/Wira Bhakti. 

Dandim 1620/Loteng Letkol Inf I Putu Tangkas Wiratawan S.IP, mengatakan 

kepribadian seorang Provos harus bisa diwujudkan sebagai figur prajurit yang layak disebut dengan prajurit Sapta Marga yang dapat memberikan contoh dalam penegakan disiplin di lingkup satuan. 

"Karena Provos juga mempunyai tugas sebagai penindak anggota TNI yang melakukan sebuah kesalahan yang relatif kecil," ujar Dandim. 

Salah satu contoh peran Provos TNI disatuan adalah bertindak dalam kegiatan penertiban seragam, atribut TNI terhadap anggota, Pemasangan logo atau atribut TNI di kendaraan pribadi anggota TNI merupakan sebuah pelanggaran yang harus ditertibkan. 

"Jika diketahui ada anggota yang melakukan hal tersebut, maka disinilah Provos berperan untuk memberikan sanksi," terangnya. 

Selain itu, pemakaian logo atau atribut TNI pada kendaraan pribadi anggota TNI merupakan tindakan yang melanggar aturan sesuai dengan Undang-Undang Lalu Lintas Nomor 22 Tahun 2009 terkait lalu lintas serta angkutan jalan. 

"Jadi jika hal tersebut dilakukan oleh anggota maka Provos akan melakukan penertiban dan teguran serta tindakan disiplin apabila itu tidak di indahkan," pungkas Dandim."MN".

Komentar Anda

Berita Terkini