Wakil Ketua KPK Alexander Marwata Akan Berkordinasi Dengan IDI Tersangka Gubernur Papua Lukas Enembe Kondisi saat ini Sakit

/ 27 September 2022 / 9/27/2022 08:27:00 AM


Jurnalis : Bambang.MD



GEDUNG MERAH PUTIH,POLICEWATCH.NEWS - Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) didampingi Humas KPK Ali Fikri senin(27/9/2022)

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) akan berkoordinasi dengan Ikatan Dokter Indonesia (IDI) untuk memastikan kondisi kesehatan Gubernur Papua Lukas Enembe.

Dia mangkir pemeriksaan sebagai tersangka kasus suap dan gratifikasi proyek menggunakan APBD Papua.

Menurut Wakil Ketua KPK Alexander Marwata koordinasi dengan IDI untuk mendapat pendapat kedua atau second opinion guna kepentingan pemeriksaan Lukas Enembe

"Kami sudah memerintahkan agar berkoordinasi dengan IDI untuk memeriksa Pak Lukas mungkin di Jayapura apakah benar yang bersangkutan sakit, dan apakah sakitnya itu sedemikian parahnya, sehingga harus berobat ke luar negeri, tidak ada dokter di Indonesia misalnya yang mampu untuk mengobati sakit yang bersangkutan," kata Alex kepada wartawan, Senin (26/9/2022).

Dia pun menegaskan bahwa KPK memperhatikan kondisi kesehatan pihak yang berperkara. Menurutnya, jika Lukas memang benar-benar sakit, maka pemeriksaan akan ditunda. 

"Mudah-mudahan juga bisa menjadi perhatian dari Pak Lukas Enembe. Enggak usah khawatir kami akan membuat yang bersangkutan terlunta-lunta atau terlantar enggak diobati, enggak. Kita akan hormati hak asasi manusia yang bersangkutan," terang Alex. 

Alexander menyampaikan kepada wartawan dalam keterangan pers nya bahwa Gubernur Papua Lukas Enambe dikarekan sakit sudah dua kali di dipanggil penyidik KPK, tidak koperatif dengan alasan saki, menurut keterangan dari penasehatnya hukum.

Dikatakan lagi  bahwa kondisi gubernur papua sedang kondisi sakit namun menurut " Alexander Marwata ia tidak diijinkan berobat keluar negeri, karena sudah dicekal oleh dirjen Imigrasi, damkita akan berkordinasi dengan IDI, pihak KPK siap akan mengobati  gubernur papua Lukas Enambe, hingga sehat yang nantinya akan kita panggil adabila sudah sembuh dia akan kita lakukan penyidikan di KPK.
Komentar Anda

Berita Terkini