Kotoran Burung Walet Membawa penyakit membahayakan berdiri ditengah Kota Lahat,

/ 3 Juli 2023 / 7/03/2023 09:43:00 PM

 



LAHAT - POLICEWATCH.NEWS Sejumlah warga Jalan Mayor Ruslan Kelurahan Pasar Lama Lahat mengeluhkan keberadaan rumah sarang burung walet lantaran kotoran burung mencemari rumah warga.

Berdasarkan pantauan awak Senin (3/7)  masih banyaknya penangkaran walet berdiri megah di tengah kota Lahat, Selain membuat bising suara dari rekaman , burung walet juga membawa penyakit akibat bau kotoran yang ditimbulkan oleh penangkaran walet tersebut sangat mengganggu. 

Salah satu warga bernama Adlan (35) Warga RT 02 RW 01 mengatakan kotoran burung walet sangat mengganggu karena langsung mengenai atap genteng rumah warga disekitar nya

Selain dapat menimbulkan kerusakan dirinya khawatir limbah kotoran tersebut akan mengganggu kesehatan karena timbunan kotoran walet dapat menyebabkan penyakit batuk berdarah dan leptospirosis atau sejenis tipus.


"Akibat kotoran walet ligkungan semakin kotor yang notabenenya akan mendatangkan berbagai penyakit juga suara yang dihasilkan oleh kaset walet sudah sangat mengganggu,"Ujarnya. 

Menyikapi hal ini Ketua Asosiasi Walet Lahat Syamsu Rizal mengatakan sudah ada regulasi tentang tata cara pengelolaan rumah walet yang mengharuskan pemilik rumah walet menjaga lingkungan sekitar.

Dirinya akan mencoba memfasilitasi antara warga dengan pemilik rumah walet agar dapat menemukan solusi sehingga tidak terjadi hal hal yang merugikan antara kedua belah pihak.

Sementara itu dari Pemerintah Kabupaten Lahat sendiri melalui Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Lahat Yahya Edrwad menyarankan warga membuat pengaduan keluhan berupa surat tertulis dilengkapi foto foto ke DPMPTSP agar pihak nya dapat menindaklanjuti.

"Buat pengaduan tertulis ke tempat kami  Masuk ke pula foto foto dekumentasi," Kata Yahya.(Bambang MD)

Komentar Anda

Berita Terkini