Dugaan Beberapa Kasus Korupsi bernilai Miliar an Didesa Ambal ambil kabupaten pasuruan

/ 16 Agustus 2023 / 8/16/2023 07:01:00 AM

 




Pasuruan,policewatch.news- kasus pengadaan sumur bor air bersih tahun 2021 Desa Ambal ambil, Kecamatan Kejayaan Kabupaten Pasuruan yang sedianya akan dilakukan audiensi oleh Forum Rembuk Masyarakat  Pasuruan di kantor Kecamatan ternyata mendapatkan penolakan dari Camat Kejayaan saudara Wijaya dengan alasan kasus sudah ditangani oleh polres Pasuruan dan jadwal padat.

Menanggapi hal tersebut ketua FORMAT Ismail makky mengatakan sebaiknya pihak Kecamatan selaku pembinaan  membuka ruang untuk melakukan konfirmasi terkait masalah tersebut,  apalagi ini menyangkut perbuatan melawan hukum atau pidana korupsi yang dibutuhkan adanya kepastian status hukum kasus ini, bukan melempar permasalahan ke Polres. 


"Perlu diketahui bahwa desa Ambal-ambil Kecamatan Kejayaan sejak tahun 2020 dengan dugaan korupsi berupa :

1. kasus Bor(pengairan) 225 juta dari pengajuan provinsi ada potongan(fee) juga ada anggaran dobel diambilkan anggaran dari desa dan dana remaja masjid(menara air)  dan sampai sekarang iuran air dari warga selama 3 tahun tidak jelas dari dua bor perkiraan per bulan 16 juta an total diperkirakan anggaran 500juta an tidak jelas.

2. Anggaran ketahanan pangan kambing 125 juta tahun 2022 kambing ada sebagian atau kurang.

3. Anggaran pembangunan pasar  225 juta dari provinsi th 2022

4. Anggaran ketahanan pangan  bibit lele 40 jt tahung 2022.

5. Dana silva:

-pipanisasi(tidak di kerjakan)

- pagar pendopo(tidak dikerjakan)

- PJU(tidak dikerjakan) uang pengembalian dari kades lama sekitar 450 jt th 2019 desember.

6. Polindes 225 add tahun 2022 tdk selesai dan alkes belum ada kejelasan.

7. sedangkan pertanggungjawaban terkait belanja APBD desa tahun 2020 - 2022 belum selesai namun pihak Kecamatan menandatangani tangani terkait pencairan dana DD & ADD, atas tindakan tersebut dan potensi kerugian negara miliaran rupiah di desa Ambil - ambil kami akan cros check kasus tetsebut ke Polres sesuai arahan pak Camat, serta.kami mendesak agar Polres menaikkan statusnya dari penyelidikan ke Penyidikan" ujarnya Aktifis anti 

Dikonfirmasi oleh media Kepala Kecamatan Kejayaan Wijaya terkesan melempar permasalahan tersebut ke pihak Polres dan cenderung menutup nutupi, tidak hanya hal itu terkait pencairan dana DD dan ADD yang menjadi sorotan, Camat Kejayaan tidak mau disalahkan  dan dikaitkan.(sr)

Komentar Anda

Berita Terkini