Gelar Aksi Demo di Kejagung RI, REKRA Tuntut Agar Sekda Lahat Diperiksa

/ 3 Oktober 2023 / 10/03/2023 10:05:00 PM

 



JAKARTA - POLICEWATCH.NEWS Sejumlah mahasiswa dan pemuda mengatasnamakan Reformasi Kedaulatan Rakyat (REKRA) melakukan aksi demonstrasi di depan gedung Kejaksaan Agung Republik Indonesia (Kejagung RI) pada Selasa (3/10/2023)

Mereka meminta Kejagung turun ke Kabupaten Lahat Sumatera Selatan untuk mengusut dugaan adanya korupsi yang dilakukan oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Lahat, Chandra.

Menurut Noveri Agustyan, koordinator lapangan aksi tersebut menyatakan, bahwa Sekda Lahat Chandra mempunyai rekam jejak kurang baik dengan menjadi terduga korupsi saat menjabat Kabag Umum dan Kasatpol PP Kabupaten Empat Lawang.


“Sekda Lahat saat ini menjadi Sekda Lahat dan sebelumnya menjadi Kabag Umum dan Kasatpol PP Empat Lawang. Saat di Empat Lawang, Chandra mempunyai rekam jejak buruk karena terindikasi melakukan tindak pidana korupsi,” kata Noveri di depan gedung Kejagung. 

“Kejagung harus turun tangan. Jangan biarkan terduga korupsi menjabat pada jabatan penting di daerah. Hal ini mungkin ada pembiaran di daerah, dan menjadi tugas Kejagung untuk mencegatnya. Bagaimana pun, koruptor musuh kita bersama. Kami minta ketegasan kejagung,” terangnya.

Lebih lanjut, Noveri meminta Kejagung untuk audit harta kekayaan Sekda Lahat Chandra karena diduga bersumber dari hasil korupsi.

“Kami tegaskan. Harta kekayaan Sekda Lahat harus diaudit. Sebagai pejabat di daerah, harus terbuka asal muasal harta kekayaannya. Saat ini, dugaan korupsi semasa ia di Empat Lawang mencuat, saya kira Kejagung harus bertindak tegas dan periksa Chandra,” tegasnya.

Terakhir, aktivis asal Sumatera Selatan ini mengaku geram akan adanya pejabat terduga korup dan masih menduduki jabatan penting di daerah. 


“Kami geram dengan masih adanya terduga koruptor mempunyai jabatan penting di daerah. Sekelas Sekda harusnya bersih dari orang-orang terduga koruptor. Kami ingin Sumatera Selatan bersih dari Koruptor yang jelas musuh negara itu,” tandasnya.

Terpisah  Sekda Lahat Chandra saat dikonfirmasi terkait dana aksi demo di Kejagung RI untuk belum bisa dihubungi untuk memberikan hak jawab (red)

Komentar Anda

Berita Terkini