Banjir 2 Meter di Kapuas Hulu Putuskan Akses Jalan, Macet Mengular Belasan Kilometer

/ 5 Januari 2024 / 1/05/2024 09:11:00 PM

 


Red, policewatch.news,Kapuas Hulu,- 8 desa di kecamatan Silat Hulu dan kecamatan Hulu Gurung kabupaten Kapuas Hulu, Kalimantan Barat terdampak banjir dengan ketinggian 10 cm-1 setengah meter menyebabkan 520 rumah warga terendam,Jumat (5/1/2024).

Kepala BPBD kabupaten Kapuas Hulu,Gunawan menjelaskan 8 desa terdampak banjir tersebut yakni desa Selangka dan desa Nanga Luan Kecamatan Silat Hulu dan 7 desa di kecamatan Hulu Gurung yakni desa Nanga Tepuai, Kelakar, Mubung, Sejahtera Mandiri, Landau Kumpang, dan desa Karya Mandiri dengan jumlah 670 Kepala Keluarga (KK) terdampak.

“Selain banjir, tingginya intensitas curah hujan diwilayah Kapuas Hulu juga menyebabkan longsor di jalan Nasional di desa Parang kecamatan Hulu Gurung,” tuturnya.


Menurutnya banjir terparah terjadi di desa Tepuai kecamatan Hulu Guru dengan ketinggian banjir 1 sampai 1 setengah meter yang menyebabkan 6 fasilitas umum dan 350 rumah terendam,500 Kepala Keluarga dengan jumlah 900 jiwa terdampak serta aktifitas masyarakat lumpuh total.

“6 fasilitas umum yang terendam akibat banjir di desa Tepuai yakni SDN 1 Nanga Tepuai,SMPN 01 Hulu Gurung,PAUD Nanga Tepuai,Posyandu Nanga Tepuai,BKKN dan Kantor Camat Hulu Gurung,” katanya.

Gunawan mengatakan pihaknya telah melaksanakan monitoring ke sejumlah desa yang terendam banjir dan saat ini kondisi air berangsur surut namun warga diminta untuk selalu berhati-hati dan waspada banjir susulan karena saat ini intensitas curah di Kapuas Hulu masih cukup tinggi

(Red/Hasan) 

.

Komentar Anda

Berita Terkini