Kapolda NTB Soroti Pentingnya Klarifikasi Informasi: Komunikasi Profesional Antara Kepolisian dan Media

/ 15 Juni 2024 / 6/15/2024 08:15:00 PM


Policewatch-Mataram

Kapolda Nusa Tenggara Barat (NTB), Irjen Pol R. Umar Faruq SH., M.Hum., menerima kunjungan dari Tim Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas) RI yang dipimpin oleh anggota Kompolnas, Yusuf Warsyim. Dalam pertemuan tersebut, Yusuf Warsyim menyampaikan bahwa hubungan antara Kepolisian di NTB dengan insan media terjalin dengan baik, dengan komunikasi dan koordinasi yang sangat positif.

Perwakilan Tim Kompolnas RI menegaskan bahwa peran mereka adalah untuk memberikan pengawasan dan saran kepada Kepolisian guna meningkatkan profesionalisme dalam menjalankan tugas-tugasnya. Tujuan utamanya adalah memastikan bahwa tugas yang dilakukan oleh Kepolisian dilakukan dengan baik dan sesuai standar.

Kapolda NTB, Irjen Pol R. Umar Faruq, mengingatkan pentingnya klarifikasi informasi sebelum menyebarkannya secara luas. Beliau menyoroti praktik penyebaran informasi atau konten tanpa klarifikasi terlebih dahulu kepada sumbernya, yang dapat menimbulkan kebingungan dan ketidakjelasan bagi penerima informasi. Kapolda berharap agar setiap individu yang akan menyebarkan informasi melakukan klarifikasi terlebih dahulu kepada sumber informasi untuk memastikan kebenaran dan kejelasan informasi yang disampaikan.

Kapolda juga menekankan pentingnya peran media dalam menyebarkan informasi secara benar dan sesuai dengan etika jurnalistik. Beliau mengapresiasi peran media di NTB yang telah membantu dalam menyebarkan informasi terkait tugas-tugas Polri dengan profesionalisme.

Pernyataan Kapolda NTB ini menekankan pentingnya komunikasi yang jelas, profesional, dan bertanggung jawab antara Kepolisian, media, dan masyarakat dalam menyebarkan informasi yang akurat dan dapat dipercaya. Dengan demikian, diharapkan keamanan dan kenyamanan masyarakat dapat terjaga dengan baik.

Mn

Komentar Anda

Berita Terkini