Pengamanan Khusus "TPS Rawan" Dilakukan Polres Kudus

/ Senin, 25 Juni 2018 / 04.56

 Reporter :zaenal/hartoyo

persiapan Pilkada H-2 di Kudus


KUDUS,POLICEWATCH.NEWS – Jajaran Polres Kudus melakukan pemetaan Tempat Pumungutan Suara (TPS) yang memiliki potensi tingkat kerawanan pada Pilkada Serentak pada 27 Juni 2018 besok. Personel akan disiagakan khusus untuk memantau dan mengamankan TPS-TPS tersebut.
Kapolres Kudus AKBP Agusman Gurning mengungkapkan, ada sejumlah TPS yang diklasifikasikan sebagai TPS rawan. Salah satu diantaranya adalah TPS-TPS dimana tempat para calon menyalurkan hak suaranya.
”TPS tempat domisili para calon akan mendapat perhatian tersendiri karena tentu akan menjadi sasaran upaya pemenangan dari calon yang bersangkutan maupun calon lawannya,” kata Kapolres saat memantau pengiriman logistik Pilkada di KPU Kudus, Senin (25/6).
Oleh karenanya, di TPS-TPS tersebut nanti akan ditempatkan personel yang secara khusus melakukan pemantauan. Selain itu, kata Kapolres, pihaknya juga memetakan beberapa TPS rawan lainnya dimana belasan hingga puluhan TPS terkumpul dalam satu lokasi di satu desa. Seperti di Desa Gondangmanis, Kecamatan Bae, terdapat lebih dari 25 TPS yang akan didirikan di satu tempat yakni lapangan desa.
”Dengan berkumpulnya di satu lokasi, yang perlu diwaspadai tentu gesekan antarpendukung,” tandasnya.
Untuk pengamanan TPS, menurut Kapolres, satu personel kepolisian akan ditugaskan untuk memantau hingga 6 TPS. Namun demikian, pihaknya juga mendapat suport personel dari TNI, Satpol PP hingga petugas Linmas.
Distribusi
Sementara, hingga H-2 pemungutan suara,  KPU telah menyelesaikan distribusi logistik hingga sembilan PPK yang ada di Kabupaten Kudus. Seluruh logistik berupa surat suara, form-form serta kelengkapan pemungutan suara lainnya, sudah mulai bergerak ke PPK.
Proses pengiriman logistik dengan menggunakan truk tersebut turut mendapat pengawalan ketat dari pihak kepolisian. ”Kami juga menyertakan personel kepolisian untuk mengawal dan memastikan logistik benar-benar sampai ke PPK dengan aman,” ujar Kapolres.
Tak berhenti itu saja, pengawalan juga akan terus dilakukan selama 24 jam saat logistik disimpan dan didistribusikan ke masing-masing PPS.
Ketua KPU Kudus, Moh Khanafi menjelaskan, sejauh ini proses distribusi logistik berjalan dengan lancar. Pihaknya optimistis malam hari sebelum pemungutan suara, seluruh logistik sudah berada di masing-masing PPS. ”Sejauh ini tidak ada kendala dan semua berjalan dengan lancar,” tandasnya.
Komentar Anda

Berita Terkini