Selamat! Bupati Kendal Raih Penghargaan Predikat B Penilaian SAKIP Oleh KemenPAN-RB

/ Rabu, 20 Februari 2019 / 13.00

Reporter : Nyaman 
Pemberian penghargaan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, Syafruddin
kepada Bupati Kendal Mirna Annisa

Kendal Jawa Tengah, Policewatch.new ,-  DalamTiga tahun usianya memimpin Kabupaten Kendal, Bupati Kendal dr Mirna Annisa,MSi kembali menorehkan prestasi yang membanggakan, sehingga meraih penghargaan dari Kementrian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi.

Penghargaan tersebut diberikan langsung oleh Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, Syafruddin kepada Bupati Kendal Mirna Annisa pada acara Penyerahan Laporan Hasil Evaluasi SAKIP Wilayah III di Ballroom Four Points Hotel, Makassar, Selasa, 19/2/2019.

Kali ini penghargaan di berikan dalam event SAKIP Award 2018 atas prestasi Pemerintah Kabupaten Kendal dalam pelaksanaan SAKIP (Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah)
Atas Laporan Hasil Evaluasi  (LHE ) SAKIP kali ini, Pemkab Kendal mengalami peningkatan dari predikat “CC” tahun sebelumnya menjadi “B” (Baik).

Dalam sambutanya Menpan RB Syafruddin menyampaikan bahwa hal tersebut tidak mudah tanpa dukungan dan komitmen pimpinan daerah. Capain tersebut menunjukkan adanya peningkatan efektivitas dan efesiensi penggunaan anggaran, kualitas budaya kinerja birokrasi dan penyelenggaraan pemerintahan di Kabupaten Kendal.

Sesuai dengan Rekapitulasi Nasional dengan penerapan SAKIP ini pemerintah berhasil mencegah pemborosan anggaran mencapai Rp 64,8 triliun.

“ Kalau tahun 2017 berhasil dihemat Rp 46 triliun, tahun 2018 penghematan setidaknya mencapai angka Rp 64,8 triliun pada 24 provinsi dan 216 kabupaten kota ”, terang Syafruddin
Dalam Rekapitulasi Nasional dari 518 Kabupaten/Kota, 5 berpredikat D, 97 berpredikat C, 162 berpredikat CC, 185 berpredikat B, 40 berpredikat BB, dan 9 berpredikat A. Sedangkan nilai rata-rata nilai seluruh Kabupaten/Kota adalah sebesar 56,53 poin atau kategori CC.

Bupati Kendal dr Mirna Annisa,MSi sendiri saat dihubungi Jurnalis policewatch, melalui via WhatsAPP terkait perolehan penghargaan tersebut menyampaikan bahwa, prestasi tersebut adalah buah kerja keras semua pihak termasuk jajaran perangkat OPD dalam menjalankan tatakelola anggaran pemerintahan yang efisien, bersih dan akuntabel.

” ini semua bisa di peroleh berkat kerja keras dan semangat semua pihak “, jelasnya.
Lanjut Mirna, namun demikian kita tetap akan terus berbenah untuk kemajuan  Kendal yang lebih baik, menuju Kendal Permata Pantura tanpa mengesampingkan kebutuhan-kebutuhan yang menjadi prioritas di kabupaten Kendal ini, ucapnya via WhatsAPP.


Komentar Anda

Berita Terkini