SEKDA SINTANG BUKA PELATIHAN DASAR CPNS

/ 12 Maret 2019 / 3/12/2019 04:00:00 AM


Reporter : Tedy
Pelatihan dasar calon pegawai negersi Sipil (CPNS) tahun 2019 di Gedung Cadika Sintang, Senin (11/03/2019).

SINTANG KAKBAR  (POLICEWATCH.NEWS),- Sekretaris Daerah Kabupaten Sintang, Dra. Yosepha Hasnah, M.Si membuka pelatihan dasar calon pegawai negersi Sipil (CPNS) tahun 2019 di Gedung Cadika Sintang, Senin (11/03/2019).

“kalian semua merupakan bagian dalam system pemeritahan di Lingkungan Kabupaten Sintang,” kata Yosepha. “jadi kalian semua ikut bertanggungjawab untuk mewujudkan masyarakat Sintang yang sehat, cerdas, maju, religius dan sejahtera dengan ditopang oleh tata kelola pemerintahan yang baik dan bersih” katanya lagi.
“kalian punya peran penting dalam proses pelayanan publik dalam masyarakat, kalian asset Negara yang perlu dikembangkan potensi dan kemampuannya,” ujar Yosepha pada sambutannya. “maka penting sekali untuk berpartisipasi secara aktif dalam pelatihan dasar ini, agar terbentuk karakter dan kompetensi sesuai tuntutan jabatan yang diamanahkan kepada kalian,” tambahnya.

Secara khusus Yosepha berpesan kepada para peserta agar dapat bersikap professional, memberikan solusi strategic dan actual bagi proses pembangunan daerah Kabupaten Sintang. Selain itu beliau mengharapkan agar para peserta dapat bekerja dengan solid, inovatif, kreatif, responsif dan menjaga kondisi fisik agar tetap prima.
“saya harap kalian dapat bersinergi satu sama lain juga dengan rekan kerja yang lain di kantor atau tempat tugas masing-masing,” pesan Yosepha. “jangan minta-minta untuk pindah sebelum 10 tahun ya, “tegasnya. “kalian sudah janji dan sudah tertulis dalam surat keputusan kerja kalian, tidak ada alasan macam-macam. Bekerja saja sebaik dan seoptimal mungkin,” sambung wanita yang sedang dalam mengikuti seleksi untuk Sekretaris Daerah Provinsi Kalimantan Barat itu.
Yuliana, S.Sos selaku Kepala Subbid Kepemimpinan dan Prajabatan Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Sintang menyampaikan bahwa pelatihan ini dilangsungkan bagi 192 orang CPNS yang lulus seleksi pada tahun 2018. Peserta dibagi dalam 5 angkatan. Pada angkatan pertama, berlangsung sejak 11 Maret hingga 25 Mei 2019.

“kegiatan ini bertujuan untuk membangun integritas moral, kejujuran, semangat dan motivasi nasionalisme dan kebangsaan, karakter kepribadian yang unggul dan bertanggung jawab dan memperkuat profesionalisme serta kompetensi bidang,” kata Yuliana dalam laporan kegiatan. “kita berharapdengan mengikuti pelatihan dasar ini, para CPNS ini akan dapat memberikan pelayanan ayng baik dan benar kepada masyarakat,” tambahnya.

Yuliana menjelaskan ada beberapa kompentensi yang dibangun melalui kegiatan pelatihan ini. Kemampuan yang berkaitan dengan sikap perilaku bela Negara, aktualisasi nilai dasar PNS dalam pelaksanaan tugas dna kompetensi teknis yang dibutuhkan sesuai bidang tugas.

“teknis pembelajaran klasikal 18 hari dan non klasikal 30 hari,” kata Yuliana. “metode yang digunakan pendekatan andragogi menkombinasikan ceramah, tanya jawab, diskusi, simulasi, dan tugas kelompok,” paparnya.

“Nilai passing grade yang kita tetapkan untuk kelulusan pelatihan, itu 70,01. Kita harapkan semua peserta bisa capai ya,” ungkap Yuliana.

Hadir dalam kegiatan ini Kepala Dinas Kesehatan, dr.Harsinto Linoh. Tampak pula beberapa perwakilan OPD yang menerima CPNS. (Sg )

Komentar Anda

Berita Terkini