348 Siswa SMA Negeri 4 Semarang Latihan Praktik Manasik Haji dan Umroh

/ 27 April 2019 / 4/27/2019 12:54:00 AM


Reporter : M. Taufiq.Sapta

Dari kiri duduk : Ainur Rofiq,S.Ag Guru PAI, Ka Sie Pendidikan Agama Islam Kementerian
Agama Kota Semarang, Drs.H. Abdul Ghofur.M.Si, H. Ahmad Musyafak M.PdI pembimbing
praktik Manasik Haji dan Umroh dan Waka Kesiswaan SMA Neberi 4 Semarang , Dra.
Ambartatik. Foto : M. Taufik. Sapta.

Semarang,( Police Watch.News),- Indonesia merupakan salah satu Negara terbesar didunia yang memiliki banyak ragam budaya, agama, ras ,suku dan sebagainya. Tapi berbicara soal kepercayaan di Indonesia sendiri masih didominasi oleh agama Islam, tentunya ketika masyarakat Indonesia mendengar sebutan Haji dan Umroh sudah taka sing lagi.

Sebanyak 348 siswa SMA Negeri 4 Semarang yang beragama Islam mengadakan praktik latihan manasik Haji dan Umroh yang di selenggarakan di lapangan bola beserta sarana dan prasarana yang sudah disiapkan oleh panitia Rohis OSIS Smapa lengkap beserta miniatur Kabah ditengah tengah lapangan. Sebelumnya diadakan poto bersama, kemudian seluruh Siswa yang beragama muslim sebanyak 348 di di beri arahan di Aula SMA Negeri 4 Semarang .jalan karangrejo raya no 12 A Banyumanik Semarang, Kamis 25/4/2019.

Wakahumas Smapa ,Da. Ambartatik dalam sambutannya mengatakan, kegiatan praktik Haji dan Umroh masuk dalam kurikulum pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) untuk kelas X SMA yang akan dikemas dalam bentuk praktik, mempraktikkan bagaimana tata cata dalam ber Haji dan ber Umroh. Dengan kegiatan ini dapat menumbuhkan semangat siswa, cita cita siswa untuk melaksanakan Haji dan Umroh itu sendiri. Ujarnya.

Menurutnya, Haji dan Umroh adalah suatu karunia dari Allah SWT yang dilimpahkan kepada manusia yang sangat didambakan setiap muslim, dimana kegiatan ini ternyata membutuhkan kempuan fisik dan juga materi. Lanjut ambartatik, kemampuan fisik karena apa? Karena siswa akan mempelajari bagaimana tata cara dalam melaksanakan praktik manasik Haji dan Umroh khususnya buat siswa membutuhkan kekuatan fisik, kesehatan yang prima,karena dalam pekaksanaannya tahap demi tahap. Oleh karena itu persiapan fisik tentu saja dalam hal ini harus dipersiapkan dengan baik.

Ambartatik menambahkan, untuk kemampuan materi dalam berhaji dan umroh dibutuhkan biaya yang cukup besar,saya berharap setelah kegiatan ini semoga siswa dapat mengikuti dengan baik dan dapat menumbuhkan keinginan serta motivasi semua siswa kelak di waktu yang akan datang” pungkasnya.

Pada kesempatan yang sama Kepala Seksi Pendidikan Agama Islam Kementerian Agama Kota Semarang, Drs. Abdul Ghofur, M.Si mengatakan, melaksanakan salah satu rangkaian kegiatan yang merupakan salah satu rukun islam,karena para siswa beragama islam , salah satu rukun islam ini menjalankan ibadah Haji tentu saja bagi yang mampu. Inshaa Allah seluruh siswa mampu menjalankannya, ucapnya

Menurutnya, terkait dengan kegiatan ini perlu saya sampaikan kepada seluruh siswa kleas X SMA Negeri 4 semarang, bahwa ibadah haji adalah ibadah yang hanya diwajibkan oleh Allah Sekali seumur hidup,bahkan Nabi Muhammad SAW melaksanakan ibadah Haji hanya sekali , oleh sebab itu nanti pada saatnya siswa sudah mampu untuk bisa mencari rejeki sendiri, sudah punya biaya Haji ,tentu akan mendapatkan kewajiban untuk menjalankan ibadah Haji.
Siswa siswi SMA Negeri 4 sedang mempraktikkan salah satu tahapan syarat Haji dengan
dibimbing oleh H. Ahmad Musyafak,M.PdI di lapangan bola sekolah, Foto : M. taufik Sapta.

Abdul Ghofur kembali menjelaskan, ketika para siswa Miqot makhani ( batas tempat untuk melaksanakan ibadah Haji atau Umroh) maka para siswa sudah memakai pakaian semua serba putih.

Wanita yang boleh Nampak hanya wajah dan telapak tangan kemudian untuk laki laki hanya memakai kain 2 helai tanpa jahitan dan tidak boleh memakai celana dalam . ketika sampai di miqot akan melaksanakan niat Labaik Allahumma Umrothan ( kalau umroh) ,Labaik Allahumma Hajjan kalau niat haji, semua sudah pakai pakaian serba putih ( haji).

Abdul Ghofur menambahkan, kenapa islam menganjurkan di sunnahkan memakai pakaian putih semua? Biar tidak ada perbedaan antara umat islam yang satu dengan umat islam umat lainnya semuanya serba putih . Siapa yang paling tinggi derajatnya dihadapan Allah? Adalah orang yang paling tinggi taqwanya, itu saja yang membedakan manusia yang satu dengan yang lain.

Saya yakin kepada Allah SWT bahwa siswa SMA Negeri 4 Semarang semuanya akan mampu melaksanakan ibadah Haji dan Umroh oleh sebab itu kegiatan yang sangat penting ini tolong untuk diikuti dengan sebaik baiknya,”pungkasnya.

Usai pelaksanaan praktik manasik Haji Umroh kesan dari Maritza Lasya Darmawan siswa kelas X ips1 memiliki kesan bahwa pelaksanaannya tertib dan tidak membosankan ,selain ilmu yang bermanfaat manasik haji sangat menyenangkan , lain lagi dengan Johara Kalila siswi kelas X ips1 mempunyai kesan, capek, panas, tapi dapat manfaat bisa nambah pengetahuan dan nambah pengalaman serta enak karena dapat konsumsi, asyiik.
Komentar Anda

Berita Terkini