396 Siswa SMA Negeri 4 Semarang Gelar Ansamble Music Concert Its Me #5 2019

/ Selasa, 16 April 2019 / 17.53
Reporter : M. Taufiq.Sapta
Penampilan ansamble music tradisional kelas X ipa 6 saat membawakan lagu Gambang
Semarang, Tanduk Majeng dan Padang Wulan di Aula SMA Negeri 4 Semarang, Foto: Taufiq

Semarang (PoliceWatch.News ),- Semakin berkembangnya kebudayaan manusia , nilai nilai ritual dari musikpun mulai dipisahkan.Musik tradisional mulai menempatkan diri sebagai jenis musik mandiri yang dinikmati oleh penikmatnya. Hal ini tidak terjadi secara instan dan serta merta , tetapi melalui proses panjang dan dalam rentang waktu yang panjang pula. Sejalan dengan perubahan tersebut terdapat pula beberapa proses penciptan karya musik tradisional Indonesia yang diperuntukan sebagai sajian mandiri. Hal ini biasanya tumbuh di lingkungan yang membutuhkan.

SMA Negeri 4 Semarang menggelar pertunjukan music tradisional sebagai program penutup semester genap tahun pelajaran 2018/2019 dengan tema “ Ansamble Music Concert 2019 Its Me # 5 “ yang bertempat di Aula SMA Negeri 4 Semarang jalan Karangrejo 12 A Kota Semarang. Selasa .16/4/2019. Pelaksanaan pertunjukkan tersebut di ikuti khususnya siswa siswi kelas X jurusan ipa 9 kelas dan kelas X jurusan ips 2 kelas, jumlah seluruh siswa yang ikut andil dalam acara tersebut 396 siswa.
Waka Kurikulum Sri Wahyuni,M.Pd yang mewakili Kepala SMA Negeri 4 dalam saambutan pembukaan menuturkan, bahwa ansamble music concert yang digelar pagi ini merupakan aktualisasi mata pelajaran seni budaya yang ada di dalam kurikulum yang di apresiasi lewat pembelajaran di luar kelas, karena dalam kurikulum di kelas X tiap tahun sekali ada di Kompetensi Dasar yang menyatukan seni budaya, Ucapnya.

Menurutnya kegiatan ini juga sebagai bentuk apresiasi siswa siswi SMA Negeri 4 Semarang khususnya sebagai pengembangan diri pada mata pelajaran seni budaya karena untuk memenuhi karakteristik siswa , sedangkan guru menfasilitasi dalam kegiatan Kegiatan belajar Mengajar, proses pembelajaran untuk tercapainya pendidikan nasional, karena tujuan PendidikanNasional salah satu p endukung siswa dan guru,” tuturnya.

Sri Wahyuni berharap kegiatan ini jangan berhenti sampai pada saat ini saja tapi tahun berikutnya di selenggarakan lagi dengan tema yang bervariasi dan berkolaborasi maple lainnya misalnya ansamble music dikolaborasi dengan baca puisi atau di kolaborasi dengan seni drama, dengan mengambil tema kearifan local untuk mencintai budaya bangsa Indonesia,” pungkasnya.

Sementara Anik Purwati,S.Pd selaku Guru Mata Pelajaran Seni Budaya menegaskan secara singkat bahwa tujuan diselenggarakan ansamble music Concert 2019Its Me # 5,Saya selaku Guru pembimbing dalam acara ansamble music concert s pada dasarnya untuk memberikan pengalaman secara praktis tentang pergelaran dan management pertunjukan,”imbuhnya.

Menurut anik, dalam acara ansamble music tradisional ini siswa mepersiapkan peralatannya secara individu serta masin masing kelas mempersiapkan akan hal itu, kami persiapkan siswa untuk menampilkan acara pertunjukkan musik tradisional ini dengan latihan secara rutin, baik dalam pembelajaran maupun waktu diluar jam sekolah, dengan ketekunan siswa dengan semangatnya antar kelas dalam mempersiapkan secara bersama sekitar satu bulanan sehingga pertunjukkan dapat terlaksana dengan lancar.” ucapnya
Para siswa kelas X ipa saat persiapan untuk pertunjukkan Ansamble Musik, Foto : M. Taufiq

Pada kesempatan yang sama Ketua Panitia Penyelenggara Joseph Bagas Aji Pradika, siswa kelas X ipa 2 mengatakan,untuk terselenggaranya pertunjukkan ansamble music Concert 2109 Its me # 5 ini untuk melestarikan budaya musik tradisional Indonesia dan kegiatan ini tidak hanya sampai disini saja dan dapat diteruskan oleh adik kelas mendatang sehingga bisa dijadikan agenda tahunan pada akhir semester genap.

Josep BAgas menambahkan mengenai akomodasi penyelenggaraan pertunjukkan ini di topang oleh masing masing orang tua siswa terutama dananya secara bersama seperti untuk sewa kostum, atau bikin sendiri , sewa sound system, tata lampu panggung, perlengkapan, snack, kesekretariatan panitia dan diperkirakan untuk mewujudkan pertunjukkan Ansamble Musik Concer tidak begitu besar dan semua nya donasi bersama orang tua siswa, pungkasnya.
Komentar Anda

Berita Terkini