Siswi SMA Negeri 4 Semarang Pelopori Emansipasi Wanita yang Diwarisi R.A. Kartini

/ Senin, 22 April 2019 / 23.33
Reporter : M. Taufiq.Sapta.
Peringatan Hari Kartini ke -140 di SMA Negeri 4 Semarang salah satunya dengan menggelar pemilihan Putra Putri Smapa 2019 yang bertempat di Aula Sekolah. Senin 22/4/219. Foto : M. Taufiq.

Semarang (PoliceWatch.News)Untuk memicu semangat kaum hawa dalam Himeneladani R.A. Kartini ,kata bijak yang dilakukan tak lepas dari peran R.A.Kartini yang mempelopori emansipasi wanita Indonesia. R.A.Kartini sendiri merupakan tokoh perempuan Indonesia yang dikenal karena perannya dalam kesetaraan antara pria dan wanita di tanah air.

Peringatan Hari Kartini ke-140 yang dirayakan saat ini 21 april 2019 banyak cara yang dilakukan untuk memperingatinya di berbagai daerah baik kabupaten maupun Kota di Indonesia, khususnya Kota semarang Provinsi Jawa Tengah. SMA Negeri 4 Semarang merupakan salah sau SMA di Kota Semarang dalam memperingati Hari Kartini ke – 140 tahun 2019 mengadakan berbagai kegiatan yang di gelar memalui OSIS sekolah ini diantaranya : mengadakan lomba Putra Putri Smapa, lomba Rujakan, Lomba band, lomba Jarikan serta Make Up Art sedangkan Peringatan Hari Kartini mengambil tema SMAPA KARTINI DAY ,Let Your Charm Shown And Get The Throne 2019.

         Namun sebelum menggelar acara lomba lomba, sebelumnya dengan melaksanakan upacara peringatan Hari  Kartini di lapangan Bola SMA Negeri 4 Semarang di jalan.karangrejo raya no 12A banyumanik Semarang, Senin 22/4/2019

        Waka Kesiswaan Rr. Sri Lestari Fajarwati,S.Pd selaku Pembina upacara dalam amanatnya menuturkan kepasa seluruh siswa peserta upacara yang pertama mengapresiasi jalannya upacara yang sangat baik dengan petugas khusus putrid putrid terbaik SMA Negeri 4 Semarang. Fajarwati mngapresiasi banyak perempuan perempuan hebat di Indonesia dalam sejarah perjuangan di Indonesia salah satunya R.A.Kartini, beliau hidup dimasa kehidupan sosial yang tidak memberikan akses pendidikan perempun perempuan semua terutama perempuan jawa, unutk itu melalui tulisan tulisan beliau kita dapat membaca bagaimana harapan, impian, keinginan beliau terhadap perempuan perempuan Indonesia yang pada  saat itu belum ada, yang ada di jawa.

         Menurut Fajarwati, di era sekarang ini kita mengenal emansipasi wanita berkat perjuangan beliau sekarang ini bisa kalian lihat banyak perempuan perempuan hebat di Indonesia ini ada yang menjabat menjadi Presiden, menjabat sebagai Menteri, kemudian menjadi Guru, Kepala Sekolah ,ini semua karena adanya akses pendidikan bagi perempuan perempuan Indonesia dan itu wajib kita syukuri, ucapnya.

         Fajarwati menambahkan perayaan atau kegiatan upacara terkait dengan dengan kelahiran R.A.Kartini ini kami mohon tidak hanya seremoni saja tetapi sebagai penguat, menjadi motivasi sisa semua terutama putrid putrid SMA Negeri 4 Smarang sekarang ini. Silahkan sebagai seorang pelajar kewajiban utamanya adalah belajar berprestasi, membanggakan orang tua, membanggakan almamater manfaatkan kesempatan akses pendidikan yang seluas luasnya yang ada di Indonesia untuk kalian berprestasi setinggi tingginya .

         Harapan kami kedepan nantinya 15 – 20 tahun lagi kedepannya ada Ibu Sri Mulyani baru si SMA Negeri 4, ada Ibu Retno Marsudi baru di SMA Negeri 4 Semaran dan masih banyak perempuan perempuan hebat.

Untuk itu sekali lagi putri putri smapa ini kami mohon jadikan motivasi untuk berprestasi, untuk bermanfaat bagi sesama, bagi keluarga, bagi masyarakat dan terutama bagi Indonesia. Dan kalian mempunyai tanggung jawab untuk dapat sebagai pemersatu bangsa, karena perjuangan perjuangan yang telah dilakukan perempuan perempuan hebat Indonesia sekarang kalian tinggal  melanjutkan dan tentu saja dalam kerangka Negara Kesatuan Republik Indonesia. Jadilah perempuan Indonesia yang cerdas yang mandiri yang bertanggung jawab dan bermanfaat tanpa meninggalkan nilai nilai budaya bangsa.”pungkasnya
Kepala SMA Negeri 4 Semarang, Dra. Wiji Eny Ngudi Rahayu,M.Pd no 2 dari kiri (bajumerah) beserta Bapk Ibu Guru, sedang menikmati  pemilihan Putra Putri Smapa 2019. Foto :M. Taufiq.Sapta


        Usai Upacara dilanjutkan dengan acara syukuran. ada hal yang menggembirakan pada momen ini dimana kebetulan bersamaan dengan ulang tahun Kepala SMA Negeri 4 Semarang, Dra. Wiji Eny Ngudi Rahayu,M.Pd yang jatuh pada tanggal 21 april. Dalam sambutan singkatnya, Wiji Eny menuturkan, “R.A.Kartini adalah merupakan pahlawan wanita pada jaman itu, sudah berpikir bahwa kaum wanita harus maju,harus cerdas bahkan sudah memberikan ketrampilan ketrampilan pada kaum perempuan yang masih muda. Juga termasuk sudah adanya sekolah sore. Pada waktu itu kaum berdarah biru harus berada di lingkungan keraton tidak boleh keluar, tetapi dengan kecerdasan yang diberikan oleh Allah SWT beliau sudah mengenal pendidikan, sayang beliau meninggal di usia masih tergolong muda pada waktu itu. Oleh karenanya kita sebagai kartini kartini jaman now kita teruskan perjuangannya sesuai dengan kompetensinya masing masing, kita harus cerdas serta professional dalam melakukan sesuatu untuk bangsa dan Negara,” pungkasnya.
Komentar Anda

Berita Terkini