SMK Negeri 11 Semarang B Juara Umum Garuda Paksi IV 2019 Se Jawa

/ Senin, 29 April 2019 / 22.59
Reporter : M. Taufiq.Sapta
Upacara Pembukaan Oleh Kepala SMA Negeri 4 Semarang, Dra. Wiji Eny Ngudi Rahayu,M.Pd
dengan penerbangan balon udara GarudaPaksi IV disaksikan Dinas pendidikan wilayah 1
provinsi jateng, Suhartono, Pjs, Camat banyumanik Semarang,Catur Edy serta Danramil
Banyumanik Semarang Kapten Sahwi. Foto : M. Taufik

Semarang, (PoliceWatch.News) Banyak terjadi persaingan antar pelajar di era globalisasi ini di bidang akademis maupun non akademis. Oleh karena itu untuk mewujudkan persaingan yang positip dibutuhkan penerapan dan pengembangan sikap disiplin,cinta tanah air dan bertanggung jawab . Untuk membentuk kepribadian tersebut diperlukan penyaluran kreativitas, disiplin dalam suatu wadah yang disebut Paskibra.

Kegiatan ini merupakan salah satu cara yang baik untuk membentuk pribadi yang disiplin, cinta tanah air dan bertanggung jawab. OSIS SMA Negeri 4 Semarang yang tergabung dalam Instruktur Paskibra mengadakan Gelar Aksi Pemuda Pemudi Paskibra ( Garuda Paksi) IV yang mengambil tema

“Gelorakan semangat pejuang muda mudi menjadi lengera bangsa”

Tujuan diadakan kegiatan tersebut untuk meningkatkan semangat positip disaat pelajar memasuki dunia remaja serta ,menumbuhkan semangat kedisiplinan,solidaritas, sportivitas, kekeluargaan dan menambah wawasan rasa cinta tanah air.

Kegiatan ini merupakan event 2 tahunan dan ini merupakan pelaksanaannya Garuda Paksi yang ke 4 yang diadakan sejak tahun 2013. Lomba Garuda Paksi IV tahun 2019 diikuti oleh 4 peserta tingkat SMA/SMK sederajat se Pulau Jawa dan sekitarnya.yang pelaksanaannya pada hari minggu,28 april 2019 yang bertempat di Lapangan Basket SMA Negeri 4 jalan karangrejo raya no 12A Banyumanik Semarang,

Ketua Panitia Gapaksi IV SMA Negeri 4 Semarang, Saskia Amanda kelas XIipa4 mengatakan, lomba Gapaksi IV tahun 2019 ini bisa dijadikan perantara ajang silaturahmi antar instruktur paskibra sekolah tingakat SMA/SMK sederajat sejawa yang berpartisipasi dalam ajang lomba ini yang bertujuan tidak sekedar hanya lomba saja sebagai competitor lomba tetapi sebagai satu keluarga,

Menurutnya,manfaat di ajang Gapaksi ini tidak hanya sebgai pembaris pembaris yang bisa lomba, nantinya kalau ada yang kalah jangan baper kalau yang menang jangan sombong, sebaiknya jangan seperti itu. Saya berharap jika sepulang dari Kampus SMA Negeri 4 semarang selesai mengikuti lomba hasilnya menang atau kalah yang penting tali silaturahmi tetap terjaga.

Saskia berpesan kepada semua kontestan, para kompetitor lomba Gapaksi IV ini semangat dalam berjuang di ajang Gapaksi tetap terjaga dan semangat, apa yang didapatkan dari ajang lomba ini, ambil nilai positipnya dan itu semua bagaimana mensikapinya dalam acara yang didapat dalam ajang lomba Gapaksi IV di SMA Negeri 4 semarang ini,” pungkasnya.

Pada kesempatan yang sama Pembina Instruktur Paskibra SMA Negeri 4 Semarang, Drs. Setyo Basuki ,M.Pd, menuturkan, kegiatan 2 tahunan Gapaksi ini perlu di adakan secara rutin kedepannya, bagi siswa kegiatan ini untuk menumbuhkan rasa nasionalisme,patriotism cinta tanah air, mengenal antar siswa tingkata kabupaten kota, provinsi yang beda budaya,tradisi biat tahu bahwa kita semua adalah saudara. Sebagai modal dasar putra putra terbaik bangsa untuk mempersiapkan diri nantinya ke jenjang yang lebih tinggi baik ke sekolah sekolah kedinasan,sekolah sekolah militer seperti akmil, akpol, bintara, siswa lebih siap, karena adanya pendidikan permulaan bela Negara lewat kegiatan sekolah masing masing, siapa lagimkalau bukan putra putraterbaik bangsa yang akan menjaga dan melestarikan negaranya tetap merdeka, tidak ada cengkraman asing sehingga lebih meningkatkan kemampuan diri,SDM sehingga akan lebih maju lagi dan dia berkompetisi secara sehat.

Seto Basuki menambahkan, bahwa dirinya sebagai Pembiana Ekstrakurikuler Instruktur Paskibra di SMA Negeri 4 Semarang seudah 27 tahun tepatnya sejak 1992 udah menangani, dia berharap awal tahun pelajaran 2019/2020 ada pengganti dirinya karena udah terlalu lama dan dia berharap ada generasi muda yang menggantikannya agar lebih baik lagi kedepannya perlu diketahui bahwa SMA Negeri 4 Semarang dalam lomba instruktur/paskibra sering merebut berbagai kejuaraan baik tingkat kabupaten Kota,Provinsi bahkan tingkat nasional.

Menurut Setyo Basuki, ajang lomba Gapaksi IV ini kita contohkan di SMA Negeri 4 Semarang yang di nilai diantaranya segi Sukap kebersamaan, keseragaman, langkah aba aba kekompakan disiplin tinggi rasa saling menghargai antar teman . di sekolah merasa baik.ternyata setelah di lombakan,ow,ternyata kenyataannya lain. Maka perlu digalakkan kegiatan lomba Gapaksi baik tingkat Kabupaten, Kota maupun tingkat provinsi,” pungkasnya.

Hasil lomba Garuda Paksi ( Gelar AksiPemuda Pemudi Paskibra ), yang menjadi juara yaitu :
Juara Umum: SMK 11 Semarang B, Runner Up : MAN 1 Cilegon. Juara Utama : SMK 1
Semarang B , Juara Utama 2 : SMK 7 Semarang, Juara Utama 3 : SMK 11 Semarang A. Juara
Harapan 1 : SMK 18 Jakarta, Harapan 2: MAN 1 Cilegon, Harapan 3: SMA 14 Bekasi. Juara
Madya 1 : SMK 5 Surakarta, Juara Madya 2 : SMA 1 Purwokerto , Juara Madya 3 : SMK Yarsi
Medika Kabupaten Tangerang .Juara Bina 1: MAN 12 Jakarta,Juara Biana 2 : SMKN Karang
Pucung,Cilacap. Juara Bina 3 : SMK 5 surakarta B. Juara Mula 1 : SMK 12 Surabaya A, Juara
Mula 2 : SMK 1 Salatiga, Juara Mula 3 : SMA 1 Ungaran.

Dari keseluruhan rangkaian lomba Garuda Paksi IV 2019 sebagai Juara Umumnya adalah
SMK 11 Seamarang B ,serta sebagai Runner Up nya MAN 1 Cilegon.
Komentar Anda

Berita Terkini