Nyaman Mudik Bareng BUMN 2019

/ Sabtu, 01 Juni 2019 / 23.36


 Reporter : Bahri IWO
program mudik bareng BUMN 2019

Muara Enim,(policewatch.news) -  PT Bukit Asam unit pertambangan Tanjung Enim berpartisipasi pada program mudik bareng BUMN 2019, merupakan suatu kebanggaan bahwa tahun ini merupakan tahun kedua, pelepasan armada mudik bareng dilakukan di lapangan Kantor PT Bukit Asam, Kamis (30/05/2019)
 Direktur Operasi Produksi PT Bukit Asam Eko Suryo Hardianto mengungkapkan, maksud dari penyelenggaran program ini salah satunnya adalah mengurangi kepadatan arus mudik bagi pemudik yang menggunakan kendaraan pribadi demi terciptanya kelancaran arus lalu lintas dan keselamatan, dimana setiap tahun selalu terjadi kepadatan baik pada saat arus mudik ataupun arus balik. 

Adanya Mudik Bareng BUMN 2019 ini sebagai wujud nyata kontribusi Bukit Asam untuk masyarakat sekitar perusahaan dengan cara memfasilitasi masyarakat tersebut untuk dapat mudik ke kampung halamannya serta meningkatkan hubungan baik antara Bukit Asam dengan masyarakat dan stakeholder. 

Dalam pelaksanaan program mudik gratis BUMN Tahun 2019, PT. Bukit Asam Tbk Unit Pertambangan Tanjung Enim (UPTE) menargetkan jumlah pemudik sebanyak 420 orang dengan menggunakan 9 unit armada bus untuk digunakan sebagai moda transportasi dan tiga kota tujuan keberangkatan yang rinciannya sebagai berikut; Tanjung Enim Yogyakarta 4 Bus, Tanjung Enim Solo 4 Bus, Tanjung Enim Padang 1 Bus.

Dalam kesempatan ini kami sampaikan bahwa peserta mudik sebagian besar merupakan masyarakat ring 1 perusahaan yang telah kami sosialisakan terlebih dahulu dengan Tripika Lawang Kidul beserta kades/lurah dikecamatan lawang kidul pada tanggal 11 April 2019. Hal ini dilakukan sebagai info awal guna menjaring masyarakat ring 1 perusahaan untuk mendaftar melalui mekanisme pendaftaran dikelurahan/desa sesuai dengan kriteria yang telah ditetapkan oleh panitia. 

Untuk Pendaftaran dibuka pada tanggal 12 April sampai dengan 29 Mei 2019 menggunakan sistem online dan offline. Bersyukur Alhamdulillah untuk pemudik Unit Pertambangan Tanjung Enim (UPTE) yang telah terveriflkasi pada tehnikal meeting tgl 28 Mei 2019 lalu sebanyak 375 orang dari jumlah target yang telah ditentukan. Hal ini merupakan pencapaian positif dari animo masyarakat ring 1 terhadap adanya program mudik bareng yang diselenggarakan oleh PTBA.

Kami berharap semoga program ini dapat terus berlanjut disetiap tahun dengan armada yang lebih banyak lagi, sehingga jumlah masyarakat yang berpartisipasi dalam program ini akan bertambah banyak. 

Kami mengucapkan banyak terima kasih kepada seluruh panitia, Tripika Lawang Kidul, Tripika Tanjung Agung, Tripika Muara Enim dan Tripika Merapi Timur , Para Kepala Desa dan Lurah di Ring 1 Perusahaan yang telah mendukung penuh atas terselenggaranya mudik bareng BUMN Tahun 2019. Untuk peserta pemudik kami doakan semoga selamat sampai ditujuan dan dapat segera berkumpul dengan keluarga, jelas suryo

Untuk diketahui Surya juga menjelaskan sebelumnya pada Senin lalu (27/5/2019), tiga bus memberangkatkan penumpang dari Jakarta ke sejumlah kota di Sumatera yaitu; Jambi, Bengkulu dan Palembang.

Sementara pada Jumat besok (31/5/2019) akan diberangkatkan lima bus dari Jakarta ke Surabaya, Solo, dan Yogyakarta. Sedangkan Sabtu (1/6/2019), dua bus akan memberangkatkan sejumlah penumpang dari Jakarta ke Bengkulu dan Palembang.

Total pemudik yang kita berangkatkan berjumlah 1450 orang. Detilnya, 578 pemudik dari Jakarta, 282 pemudik dari Bandar Lampung, 420 pemudik dari Tanjungenim dan 180 orang pemudik dari Palembang. Ungkap Eko 

Tak hanya menggunakan bus, PT Bukit Asam pun memberangkatkan pemudik menggunakan kapal Fery dari Merak ke Bakauheuni, Lampung

"Total pemudik yang diberangkatkan dengan kapal fery berjumlah 700 orang dalam satu kapal," ujar Eko.

Eko menjelaskan, PT Bukit Asam  menyiapkan satu gerbong kereta Kertajaya untuk tambahan 106 pemudik, dua gerbong kereta Mataram tujuan ke Yogyakarta membawa 128 pemudik. "Kereta ini akan diberangkatkan Sabtu (1/6/2019) dari Stasiun Pasar Senin," katanya.

PT Bukir Asam pun menyediakan kereta untuk arus balik pemudik yang akan kembali ke Jakarta. Terkait pemudik lainnya, satu gerbong keeta Kertajaya tambahan dari Surabaya ke Jakarta. Sedangkan dua gerbong kereta Mataram disiapkan untuk tujuan Yogyakarta ke Jakarta.

Kereta itu, kata Eko, segera diberangkatkan  ke Jakarta pada Sabtu (8/6/2019) seusai lebaran. "Program mudik bareng ini merupakan wujud kepedulian PT Bukit Asam untuk masyarakat. Dengan demikian para pemudik akan berbahagia mudik ke kampung halaman mereka," katanya

Sementara itu Wakil Bupati Muara Enim H Juarsah SH mengapresiasi dengan pencapaian target yang mencapai 90% pemudik, dari total jumlah kursi yang disediakan hal ini merupakan pencapaian positif dari Animo masyarakat yang telah terdaftar, adanya program mudik gratis yang dilaksanakan Kementerian BUMN dalam hal ini diselenggarakan oleh PTBA, kami berharap semoga program ini dapat terus berlanjut setiap tahunnya seperti apa yang diharapkan, ungkap Juarsah

Atas nama Pemerintah Kabupaten kepada para pemudik dan kepada para awak bus berangkatlah dalam rangka untuk kumpul bareng keluarga dengan penuh bahagia dan kepada awak bus kiranya untuk menjaga ketertiban jalan jangan ugal-ugalan serta jangan memaksakan diri, berjalanlah dengan santai In Sha Allah bisa selamat sampai tujuan, pesan Juarsah 

Tak lupa pada kesempatan ini Juarsah juga menyampaikan, atas nama Bupati Kabupaten Muara Enim menjelang datangnya hari raya Idul Fitri 1440 Hijriyah ini mengucapkan selamat hari raya Idul Fitri 1440 Hijriyah pada saatnya nanti kami mengucapkan Mohon maaf lahir batin Minal aidin wal faizin, tutup Wabup



Komentar Anda

Berita Terkini