Lokakarya Apllied Approach ( AA ) Bagi Dosen di Universitas Wahid Hasyim

/ Jumat, 09 Agustus 2019 / 08.03

Reporter : NYAMAN/SAPTA
Prof.Dr. H.Mahmutarom HR, SH., MH. Sambut para peserta Lokakarya Applied Approach (AA) di gedung B lt.kampus Menoreh Unwahas Semarang, Senin kemarin 5/8

Semarang, Policewatch.news -  Rektor Universitas Wahid Hasyim (Unwahas), Prof.Dr. H.Mahmutarom HR, SH., MH. Sambut para peserta Lokakarya Applied Approach (AA) di gedung B lt.kampus Menoreh Unwahas Semarang, Senin kemarin 5/8

Lokakarya Applied Approach merupakan pelatihan bagi dosen guna dalam meningkatkan profesionalisme dosen, kompetensi pedagogik dan sosial sebagai ikhtiar dalam meningkatkan kualitas mutu pendidikan serta citra pendidikan tinggi. 

“Tantangan bagi perguruan tinggi adalah menstandarkan dosen sesuai dengan bidang keahlian dan menjaga kearifan lokal” tutur Prof. Mahmutarom saat memberikan sambutan.

Oleh karenanya, lanjut Prof. Mahmutarom, perguruan tinggi khususnya Unwahas harus mau dan menyiapkan dosen-dosen untuk ditingkatkan kompetensinya agar lebih kreatif, inovatif, dan mampu memberikan point positif untuk pengembangan keilmuan dan tentunya citra perguruan tinggi.

DR H Endar Susilo SH MH salah satu dosen peserta lokakarya menyampaikan ucapan terima kasih kepada LLdikti 6 Jawa Tengah yang telah bekerjasama dengan Unwahas, melaksanakan Lokakarya AA yang tentunya sangat membawa manfaat baginya, sehingga akan lebih memahami profesinya. Hal serupa juga di sampaikan oleh Yayan Sudrajat S.Pd., M.Pd dosen Peserta Lokakarya dari Universitas Indraprasta PGRI Jakarta. Yayan menambahkan dengan Pelatihan AA dapat membantu guna meningkatkan kwalitas dosen dalam pembelajaran, kesiapan,  Koordinasi dan pencapaian hasil yang lebih maximal. Panitia sangat luar biasa sehingga kegiatan ini bisa berjalan dengan lancar dan sukses, saya tidak bosan mengikuti kegiatan yang di lakukan Unwahas, terbukti saya juga mengikuti Pelatihan Pekerti di tahun 2018. 
 
Para peserta Lokakarya Applied Approach (AA) di gedung B lt.kampus Menoreh Unwahas Semarang
Sementara itu Nur Rois S.Pd.I., M.Pd.I  Sekertaris LPMP Unwahas dan Panitia Lokakarya menjelaskan  bahwa  Lokakarya(AA) Unwahas yang bekerja sama dengan LL Dikti 6 Jateng, merupakan kegiatan lanjutan setelah Peningkatan Keterampilan Dasar Teknik Instruksional (PEKERTI) yang sebelumya telah diselenggarakan LPMP Unwahas tahun 2018 lalu. Dan Lokakarya untuk AA yang di selenggarakan mulai hari  Senin tanggal 5 Agustus 2019 sampai dengan Kamis tanggal 8 Agustus 2019 ini tidak hanya diikuti oleh dosen Unwahas saja, namun juga diikuti oleh dosen dari perguruan tinggi yaitu Unisfak Demak, STIFAR " Yayasan Farmasi Semarang, STIKES  Cirebon, STIKES Cendikia Kudus, Akademi Farmasi Nusantara Semarang, Universitas Indraprasta PGRI dan Universitas Islam Batik Surakarta. Peserta semua berjumlah 50 peserta Mas, tambahnya kepada wartawan. 

Kegiatan yang dihadiri oleh Wakil Rektor I, Dr. H. Mudzakkir Ali, MA., Wakil Rektor III, Dr.H.Andi Purwono, S.IP.,M.Si, dan para Dekan Fakultas dan para Ketua lembaga/Pusat di lingkungan Unwahas dibuka oleh LLDikti Wil. 6 Jawa Tengah yang di wakili oleh Sekretaris LLDikti, Amtsar Arifin, SH., MM.

Dalam sambutannya beliau memberikan pesan kepada peserta lokakarya bahwa sebagai dosen harus memahami profesinya, maka dari itu tujuan kegiatan ini adalah meningkatkan dan mengembangkan kompetensi pedagogik dan keterampilan mengajar yang mana dosen adalah tenaga pengajar.

“Kegiatan lokakarya ini tidak lain untuk meningkatkan kompetensi pedagogik dan keterampilan mengajar” terang Amtsar Arifin disela-sela membuka kegiatan.

Sehingga, lanjut Amtsar Arifin, dengan kegiatan ini setiap dosen memahami tugasnya dari tridharma perguruan tinggi yang pertama, yaitu pendidikan. Mulai dari perencanaan, pelaksanaan, evaluasi hingga inovasi dan peningkatan pembelajaran.
“Semoga bapak ibu nanti di akhir lokakarya AA Unwahas ini bisa 100% lulus” pungkasnya.

Acara berakhir pada kamis sore, di awali dengan pembacaan hasil pengumuman lulus 100%
Dari 52 peserta disampaikan oleh Pemateri Wawan Laksito YS dan di tutup oleh Prof DR Sunandar M.Pd.


Komentar Anda

Berita Terkini