Pemdes Pegagan Lor Kapetakan, Sambut Acara Lungguhan Perangkat Desanya

/ 27 Desember 2019 / 12/27/2019 08:04:00 PM


Suara Kepala Desa Pegagan Lor, Kec Kapetakan, Kab Cirebon, Dra. Hj. Ii Faryani

CIREBON l POLICE WACTH - Setelah resmi terpilih dan disahkan oleh pihak Pemerintah desa (Pemdes) pegagan lor untuk mengisi kekosongan jabatan, Kedua perangkat Desanya menggelar acara Lungguhan dan  sekaligus gelar syukuran yang bertempat di Aula Kantor Desa Pegagan Lor, Kecamatan Kapetakan, Kabupaten Cirebon, Jum'at (27/12/2019).

Kegiatan tersebut turut dihadiri Camat Kapetakan Carsono, Kades Pegagan Lor Dra. Hj. Ii Faryani, Babinsa Serda Abdurahman Koramil 2021/Kapetakan, Bhabinkamtibmas Brigadir Tedy dari Polsek Kapetakan Resor Cirebon Kota, Perangkat Desa dan tokoh masyarakat setempat berlangsung Khidmat.

Kepala Desa Pegagan Lor Dra. Hj. Ii Faryani mengatakan bahwa ini sebuah kebanggaan bagi pemerintah desanya, karena acara lungguhan (arak-arakan) itu merupakan Adat desanya  yang secara turun temurun dilaksanakan masyarakat setempat, guna iring-iringan atau warga ikut mengarak, menghantar hingga ke kantor balai desa setemapat, itupun jikalau ada perangkat desa baru atau resmi diangkat guna mengisi kekosongan jabatan perangkat desanya. Dan biasanya selalu diikuti oleh saudara, keluarga, dan tokoh masyarakat setemapat" ujarnya.

"intinya, biar bisa memperlihatkan perangkat desa baru terpilih kepada warga masyarakat setempat bahwa yang di arak atau diantar ke kantor balai desa dengan iring-iringan, bahwa inilah perangkat desa baru terpilih dan nantinya yang akan melayani pelayanan masyarakatnya"

Lanjutnya, Ii Faryani menjelaskan bahwa pada hari ini telah kita resmikan dan umumkan perangkat desa baru terpilih yang akan mengisi kekosongan guna pergantian jabatan pamong desanya, yakni 1. Heru di angkat sebagai
Kaur umum TU atau bahasa setempat Kliwon.
2. Lukman Kusuma Firdaus diangkat sebagai  Kepala Dusun (Kadus) 2 (dua) atau Bayan, sedangkan Bayan lama atau Kadus 4 (empat) masih tetap menjabat, Lukman (Kadus) 2 (dua) akan ditugaskan untuk diperbantukan terkait pelestarian adat istiadat desa setempat, jadi Kadus 4 (empat) tetap menjabat" ungkapnya.

Ii Faryani berharap kepada perangkatnya yang baru, semoga bisa bekerjasama dan dapat membantu Pemdes pegagan lor dalam melayani dan memberikan pelayanan terbaik bagi warganya, karena Pemdes itu, punya aturan bahwa yang menjadi perangkat desanya harus siap agar tidak melaksanakan 5 (Lima) M, yakni Main Perempuan, minum-minuman (miras), main perjudian, dan lainya. artinya perangkat desanya tidak diperbolehkan, jika itu dilanggar maka pemdes akan berikan sanksi tegas, karena kita selaku seorang figur pemimpin desa maupun perangkat itu, harus bisa menjadi Contoh suritauladan yang baik bagi masyarakatnya. Jelasnya Kades Pegagan Lor Dra. Hj. Ii Faryani.

Sementara itu, Heru dan Lukman pihaknya ucapkan terima kasih kepada pemerintah desa setempat, karena kami telah dipercaya untuk sepenuhnya dalam melayani dan memberikan pelayanan terbaik bagi warga masyarakat, khususnya Desa pegagan lor, dan semoga kami diterima oleh warga, karena harapan kami kedepanya akan berupaya maksimal dalam membantu pemdes pegagan lor, selain itu kami harapkan dan bekeinginan memperbaiki birokrasi serta mengubah sistem pelayanan administrasi tentang pelayanan terhadap masyarakat, khususnya desa pegagan lor agar lebih cepat, dan lebih baik lagi" pungkasnya.

Reporter : Surono/Wadira

Komentar Anda

Berita Terkini