TERKAIT PEMBERITAAN MIRING PELAYANAN PUSKESMAS KEBAMAN, INI PENJELASAN PIHAK PUSKESMAS

/ 27 Januari 2020 / 1/27/2020 12:59:00 PM
Dok : Policewatch


BANYUWANGI, policewatch.news- Seperti di beritakan beberapa media online di Banyuwangi bahwasannya ada salah satu pasien mengaku kecewa atas pelayanan yang kurang baik dari Puskesmas Kebaman.

Seperti kutipan berikut "Seharusnya sebagai pelayan publik bisa memberikan pelayanan yang baik untuk pasien".

Melalui Police Watch, Senin' 27/01/2020 dr. Mangesti Utami, MS Kepala Puskesmas Kebaman, menyampaikan "Menurut kami informasi yang kami sampaikan  belum sepenuhnya termuat dalam pemberitaan media yang memuat berita tentang kami".

Sebagai bentuk klarifikasi berikut dapat kami sampaikan bahwa sebagai  Fasilitas kesehatan (Faskes) I BPJS, Puskesmas Kebaman telah berupaya memberikan pelayanan terbaik bagi pasien, namun tentunya tetap sesuai ketentuan dan SOP yang ada.

Jika pasien melakukan Kontrol pertama kali itu tidak memerlukan surat rujukan, pasien sudah bisa langsung datang ke Rumah sakit yang memberikan Surat keterangan kontrol, namun jika pasien habis rawat inap dan sudah kontrol lebih dari satu kali, tanpa harus diminta kita sudah pasti berikan surat rujukan." Ungkap kepala Puskesmas.

dr. Mengesti, panggilan Akrab kepala Puskesmas Kebaman ini juga menjelaskan sesuai aturannya ada 144 Diagnosa yang harus di jalankan untuk pasien BPJS, baru bisa di berikan surat rujukan, namun prakteknya kita tidak sakleg berdasarkan aturan itu.

"Jadi surat rujukan itu bukan atas permintaan pasien atau keluarganya, namun Faskes I yang memberikan berdasarkan hasil diagnosa (Pemeriksaan)".

Tahapannya Pasien BPJS dilakukan pemeriksaan oleh dokter atau poli rawat, setelah itu di berikan resep obat, jika dari pemeriksaan petugas dinyatakan puskesmas (Faskes) I tidak dapat menangani karena keterbatasan fasilitas, maka kami Ikan memberikan surat rujukan pada pasien untuk dilakukan pengobatan serta perawatan lebih lanjut ke Rumah Sakit.

Pastinya kami Puskesmas Kebaman sudah jalankan pelayanan sesuai SOP, karena kami sangat memahami kapasitas kami sebagai fungsi pelayanan masyarakat, sudah pasti kami akan berikan pelayanan terbaik bagi masyarakat.

"Sekedar diketahui bahwa Puskesmas Kebaman masuk peringkat ketiga dalam rasio mengeluarkan Surat Rujukan terbanyak untuk pasien BPJS di kabupaten Banyuwangi, hal ini membuktikan sebuah kemudahan serta optimalnya pelayanan kami di puskesmas Kebaman", tegas dr. Mangesti.

(Bagus/Cafunk)
Komentar Anda

Berita Terkini