FOCUS GROUP DISCUSSION (FGD) PUSKESMAS KEBAMAN BERSAMA LINTAS SEKTORAL TENTANG DESA BEBAS DBD

/ 18 Februari 2020 / 2/18/2020 03:34:00 PM


BANYUWANGI, POLICEWATCH,-Aedes aegypti merupakan jenis nyamuk yang dapat membawa virus dengue penyebab penyakit demam berdarah (DBD).

Selain dengue, A. aegypti juga merupakan pembawa virus demam kuning, chikungunya, dan demam Zika yang disebabkan oleh virus Zika.

Untuk antisipasi menyebarnya nyamuk  Aedes Aegypti dr. Mangesti Utami, Kepala Puskesmas Kebaman  mengadakan kegiatan dengan nama  Focus Group Discussion (FGD) dengan tema Desa Bebas DBD yang dilaksanakan di aula lantai dua Puskesmas Kebaman, Senin' 18/02/20.

Kegiatan berlangsung dengan dihadiri seluruh Kepala Dusun Sewilayah Kerja Puskesmas Kebaman,
yakni Kepala Dusun Desa Kebaman, Desa Sukomaju dan Kepala Dusun Desa Sukonatar.

Kepada Police Watch, dr. Mangesti menyampaikan bahwa Pokok pembahasan giat hari ini menitikberatkan tentang Kasus DBD. 

Alhamdulillah sampai hari ini sudah terlaporkan beberapa kasus DBD di masing-masing Desa diwilayah kerja pusat kesehatan masyarakat (PKM) Kebaman dan telah kita tindak lanjuti hingga dengan kegiatan PE (Pelacakan Epidemiologi), terangnya.

Dengan menggandeng Aparat Desa dan masyarakat kita harus mampu mengantisipasi/melakukandan pencegahan, dan hari ini kita lakukan pembahasan bagaimana upaya pemberantasan nyamuk DBD. Seperti kesepakatan dan upaya yang kita lakukan yakni dengan melakukan PSN (Pemberantasan Sarang Nyamuk), tegas Mangesti, sapaan akrab Kepala Puskesmas Kebaman.

(Cafunk)
Komentar Anda

Berita Terkini