BLT DANA DESA Belum Cair warga 21 Desa Resah, Kadin BPMD Emran Tibrani Menjawab..?

/ 27 Mei 2020 / 5/27/2020 06:17:00 PM
dok : MPW


Muara Enim.Police Watch.News,- Dalam Suasana Pandemi covid19 seperti saat ini, Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT DD) sangat di harapkan sekali masyarakat yang terdampak di Kabupaten Muara Enim.


Sudah banyak warga desa yang sudah menerima BLT Dana Desa di Kabupaten Muara Enim. Namun masih ada warga desa yang belum menerima BLT Dana Desa. Hal ini jelas menimbulkan kecemburuan bagi warga yang belum menerima BLT Dana Desa, bahkan bisa menimbulkan permasalahan dan reaksi dari warga yang menerima BLT Dana Desa
Tentu saja karena BLT DD tersebut bersumber dari Dana Desa, maka sudah jelas ketika dana desa itu sudah cair baru bisa di distribusikan kepada masyarakat yang berhak menerimanya. Namun sebaliknya kalau Dana Desa belum cair, mau membagikan BLT DD pakai dana apa.

Hal ini disampaikan Herliadi, Kepala Desa Pajar Bulan Kecamatan Semende Darat Ulu ( SDU) Kabupaten Muara Enim Sumatera Selatan, yang dana desanya sampai saat ini belum cair.
” Bagaimana bisa membagikan BLT Dana Desa kalau Dana Desa belum cair ” Keluh Herliadi, Kepala Desa Pajar Bulan Kecamatan Semende Darat Ulu ( SDU) yang juga dana desanya belum cair, Jum’at (21/05/2020).
Dijelaskan Herliadi, ada 21 Desa di Kabupaten Muara Enim yang belum cair dana desanya yaitu di Kecamatan Muara Enim desa Muara Harapan, Kecamatan Rambang Niru desa Manunggal Makmur, Kecamatan Empat Petulai Dangku desa Dangku, Siku, Pangkalan Babat dan desa Kuripan Selatan, Kecamatan Gelumbang desa Paya Bakal, Taling Taling, Suka Jaya, Betung, Sigam, dan Desa Gumai, Kecamatan Lawang Kidul desa Keban Agung, Kecamatan Semende Darat Tengah (SDT) desa Tebing Abang, Kecamatan Semende Darat Ulu ( SDU) desa Pajar Bulan, Kecamatan Lembak desa Lubuk Enau, Kecamatan Belimbing desa Teluk Lubuk, Kecamatan Belide Darat desa Tanjung Bunut dan desa Talang Balai.
Keterlambatan pencairan Dana Desa ini, akan sangat membuat keresahan masyarakat desa yang sangat mengaharapkan bantuan BLT dana desa karena terdampak covid – 19. Sementara ada desa yang dana desanya sudah cair, masyarakatnya sudah bisa menikmati pembagian BLT Dana Desa.
Terkait permasalahan ini, Kepala Dinas Perberdayaan Masyarakat dan Desa, Emran Tabrani saat di hubungi Via WhasApp mengatakan.
"Sudah di rekening desa galo pak sejak hari jumat tgl 22 mei pada hari itu dari 21 desa sudah mencairkan DD sebanyak 12 desa tapi 9 desa blm mencaerkan pada hari jumat itu yaitu 6 desa di kec. Gelumbang dan 3 desa di kec lembak. 9 desa  alasannya kadesnyo krn jaraknyo jauh ngambil DD di Muara enim dan khawatir rawan kejahatan kalo ngambil tunai di banksumsel muara enim. Sehingga mereka akan mencaerkan DD di bank sumsel anak cabang gelumbang biar lebih dekat dan relatif aman dari desa masing2 Abis lebaran ini 9 desa akan mencaerkan DD thp 1tks" Jawab Emran Tibrani.Via WhasApp?27/5)

 
(Hr/Tim)
Komentar Anda

Berita Terkini