Sambil Menunggu Waktu Sahur, Kutuliskan "Di Police Watch" Secuil Kisah Jurnalis

/ 3 Mei 2020 / 5/03/2020 06:39:00 PM



y Bagus, Perwakilan Jawa Timur

SURABAYA,POLICEWATCH,-  , Sebagai seorang Jurnalis memang tidak semudah yang dibayangkan orang. Banyak yang beranggapan bahwa jurnalis adalah pekerjaan yang hebat. Menjadi jurnalis bisa membawa seseorang bertemu orang-orang hebat seperti Camat, Bupati, Menteri, hingga Presiden.Minggu' 03/5/2020

Ada hal yang patut di ingat, seorang  jurnalis banyak pengorbanan yang harus dilakukan untuk bisa mempublikasi  pemberitaan yang besar. Apalagi pemberitaan yang isinya mengungkap skandal atau konspirasi dalam kasus korupsi.

Dalam dunia jurnalistik, setiap wartawan atau jurnalis harus paham bagaimana mereka harus bekerja. Ada aturan yang harus dipatuhi dalam mencari informasi dan membuat berita. Aturan-aturan tersebut sudah diatur dalam kode etik jurnalistik.

"Kode Etik Jurnalistik adalah himpunan etika profesi kewartawanan".

Seorang jurnalis wajib menjunjung tinggi kemerdekaan pers yang merupakan salah satu wujud kedaulatan rakyat yang berasaskan prinsip-prinsip demokrasi, keadilan, dan supremasi hukum.

"Pers wajib melayani Hak Jawab, Pers juga wajib melayani Hak Tolak".Jurnalis harus berusaha tetap rutin menulis sebuah pemberitaan dengan baik dan benar.

Sambil menunggu waktu sahur, terkadang ide - ide jurnalis selalu muncul untuk di tuliskan. Kalau dulu di blog atau hanya di buku tulis, namun kini bisa menuangkan isi pikiran dan tulisan di sini, iya di policewatch.news

Nah, menurut saya justru menulis merupakan sahabat dalam keseharian seorang jurnalis.

Suatu ketika, saya sulit untuk tidur sejak setelah shalat tarawih hingga memasuki pukul 03.00 Wib mata tidak merasakan ngantuk. Seketika ide untuk menulispun muncul, itung-itung sambil menunggu waktu sahur.

Memang sampai waktu tak terasa dan ternyata karena keasyikan menulis dan menuangkan ide kita untuk ditulis kalo saya masih belum sempat untuk menikmati waktu santap sahur.

Demikian sekelumit kisah jurnalis. Memang secara tidak langsung hoby menulis terkadang datang secara tiba-tiba. Semoga bisa membuat kita semakin mencintai profesi kita.

Selamat Menjalankan Ibadah Puasa...

Salam, ......
by Bagus, Perwakilan Jawa Timur
Komentar Anda

Berita Terkini