Diduga PT. Liman Jaya Anuggrah Membuang Limbah Cair, Jenis B3 Ke Aliran Sungai

/ 1 Oktober 2020 / 10/01/2020 03:16:00 PM
DOK:MPW


POLICEWATCH.NEWS, PASURUAN  
-Banyaknya perusahaan- perusahaan yang berdiri di Kecamatan Gempol Kabupaten Pasuruan dapat membantu serta mengurangi masalah pengangguran di wilayah sekitar tetapi kalau bekas pengolahan produksi atau yang biasa di sebut limbah industri kalau tidak di kelola dengan baik akan menjadi momok bagi warga serta lingkungan sekitar.

Salah satu perusahaan yang berdiri di Dusun Kepulungan tepatnya di Desa Wonosari Kecamatan Gempol Kabupaten Pasuruan, PT. Liman Jaya Anugrah yang diduga warga sekitar membuang limbah bekas hasil produksinya yang menggunakan bahan bakar Batu Bara dan sisa pembakaran tersebut di buang di aliran sungai Desa Wonosari.

Salah satu warga Desa Wonosari,Samsul Huda mengatakan kepada awak media dirinya dan warga sekitar sangat terganggu dengan adanya aktifitas pembuangan limbah cair yang kami duga di hasilkan dari hasil produksi PT. Liman Jaya Anugrah yang di alirkan ke sungai selain dapat membunuh biota-biota air baunya juga sangat menyengat di saat kami melawati aliran sungai.

"Lanjut Huda ,dulu sebelum adanya perusahaan yang berdiri di desa kami air di sungai sangat bersih mas ,selain buat mandi serta mencuci aliran sungai ini juga mengairi tanah pertanian di desa kami, saya berharap pihak Pemerintahan Desa dan perusahaan bisa mencari solusi agar lingkungan di sekitar desa sini agar bisa kembali seperti dulu lagi, ujarnya.

Ditempat terpisah awak media  mengkonfirmasi ke Kepala Desa Wonosari di ruang kerjanya,Daman Huri dirinya mengatakan selama ini belum ada koordinasi spesifikasi dari pihak perusahaan tentang jenis limbah yang di buang di aliran sungai,salah satu kasun setempat menambahkan akan mengikuti prosedur jika di butuhkan oleh masyarakat tentang keluhan pembuangan limbah yang di duga dari PT. Liman Jaya Anugrah ia juga tidak menampik kalau ada warganya yang bekerja di perusahaan tersebut Dan pernah mendapatkan bantuan, tutupnya.

Sementara itu awak media mencoba mengkonfirmasi perusahaan ENI selaku HRD ,PT. Liman Jaya Anuggrah berbekal Vidio serta Foto hasil investigasi di lapangan di mana pipa-pipa pembuangan yang menuju sungai tembus ke belakang perusahaan dan kami pun sempat mengambil sample air di sungai, sungguh sangat di sayangkan pihak perusahaan belum bisa memberikan keterangan resmi hingga berita ini di turunkan. (Dor) Bersambung.

Komentar Anda

Berita Terkini