Komsos Kreatif Kodim Loteng Membentuk SDM Yang Inovatif Dan Adaptif

/ 12 Oktober 2021 / 10/12/2021 08:08:00 PM

 


Policewatch-Lombok Tengah.

Kodim 1620/Loteng menyelenggarakan Komunikasi Sosial (Komsos) Kreatif di Aula Serbaguna Makodim Jl. Gajah mada No.101 Praya, Lombok Tengah, Selasa (12/10/21) untuk membangun kerja sama yang harmonis antara aparat keamanan, pemerintah daerah dan masyarakat dari berbagai kalangan. 

Komsos merupakan bagian dari metode PembinaanTeritorial (Binter) selain Bakti TNI yang mutlak dimiliki setiap prajurit TNI terutama Aparat Teritorial dalam rangka Pembinaan Kemampuan Wilayah (Binwanwil). 


Komsos kreatif juga merupakan metode pendekatan komunikasi yang meliputi Lambung Rujak (menyelami, menghubungi, merayu dan mengajak) dan disesuaikan dengan tipologi wilayah serta kearifan lokal sehingga pilihan metodenya tepat guna serta tepat sasaran. 


Seperti yang dilakukan Kodim 1620/Loteng bidang Staf Teritorial saat ini. Penajaman Binter melalui Komsos dinilai efektif untuk menciptakan tujuan Binter di wilayah binaan teritorial. 

Salah satu kegiatan Komsos Kreatif diselenggarakan bersama Koramil Jajaran dengan memperhatikan kearifan lokal wilayah setempat. 

Berbagai Perlombaan berupa pertunjukan seni budaya tarian khas sasak yaitu tari Gamelan dan Edukasi serta Dialog interaktif di selenggarakan dengan menunjukkan berbagai kemampuan masyarakat. 


Pertunjukan Komsos Kreatif Kodim 1620/Lombok Tengah TA. 2021 di ikuti oleh peserta dari Masing-masing wilayah binaan Koramil jajaran Kodim. Kegiatan ini mengangkat Tema "Membentuk Sumber Daya Manusia (SDM) yang Kreatif, Inovatif Dan Adaptif". 

Komandan Kodim (Dandim) 1620/Loteng, Letkol Inf. I Putu Tangkas Wiratawan, S. IP., dalam sambutannya mengungkapkan kegiatan komsos kreatif diharapkan dapat menjaga konsisten serta kebersamaan dalam membangun karya seni, sehingga bisa memberikan dampak positif dan pengaruh yang luas sesuai tujuan Binter. 

"Kegiatan ini memiliki arti penting dan bermakna strategis dalam upaya menjaga keutuhan wilayah, melestarikan dan sekaligus mewariskan seni budaya Bangsa kepada generasi muda," ungkap Dandim. 

"Jika budaya Komsos selalu diasah dan dilakukan oleh setiap prajurit terutama Apkowil atau para Babinsa, maka tak heran jika simpatik serta kemanunggalan TNI-Rakyat akan terwujud," ujarnya. 

Melalui Komsos Kreatif, Dandim menuturkan selain berfikir apa yang dilihat para Prajurit Babinsa, kegiatan komsos juga diharapkan mampu melatih insting prajurit sehingga dapat merasakan apa yang difikirkan oleh warga binaannya. 

Dandim meminta para Babinsa dapat melaksanakan budaya Komsos setiap saat. Dimanapun, kapanpun dan dalam keadaan apapun. 

Meski demikian, Dirinya mengingatkan sekalipun menjadi orang penting itu baik tetapi lebih penting menjadi orang baik. 

"Kembangkan terus metoda Komsos dengan memperkaya inisiatif, kreatif, inovatif dan rekreatif sesuai lingkungan yang dihadapi," kata Dandim. 

"Kemampuan komsos yang berkualitas sangat diperlukan guna merebut hati rakyat, selaras tujuan Binter dan jati diri TNI dari rakyat oleh rakyat dan untuk rakyat apa yang terbaik untuk rakyat adalah yang terbaik untuk TNI," tegasnya. 

Dalam pelaksanaan kegiatan Komsos Kreatif ini, protokol kesehatan ketat tetap dilakukan. Para peserta lomba memperebutkan hadiah juara 1, 2, dan 3 yaitu berupa Piala Dandim 1620/Loteng, Piagam penghargaan, souvernir serta Uang pembinaan."MN ".

Komentar Anda

Berita Terkini