Tingkatkan Herd Immunity, BINDA Maluku Gandeng Pemda Buru Laksanakan Vaksinasi

/ 21 Desember 2021 / 12/21/2021 10:28:00 AM

 

BURU,POLICEWATCH.NEWS,_ Mendukung program pemerintah dalam pelaksanaan vaksinasi nasional untuk meningkatkan herd immunity, Badan Inteljen Daerah (BINDA) Maluku bekerja sama dengn Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Buru gencar melakukan Vaksinasi Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) di Kabupaten Buru. Pelaksanaan kegiatan vaksinasi massal kali ini diselenggarakan di Lapangan Pattimura, Desa Namlea, Kecamatan Namlea, Kabupaten Buru, Senin (20/12).


Staf Binda Maluku, Syaiful menyampaikan rilis kepada media Police Watc via pesan  WhatsApp bahwasanya pelaksanaan vaksinasi kali ini bekerjasama dengan Pemda Buru, Polres Pulau Buru, Pemerintah Kecamatan Namlea dan Pemerintah  Desa Namlea untuk menyelenggarakan vaksinasi massal untuk 1500 orang.

“Pelaksanaan vaksinasi masal kali ini untuk 1500 orang, jadi jenis vaksinnya yang digunkan ada Vaksin Sinovac, Astra Zeneca dan juga Pfizer. Selain itu, paket bantuan ada sekitar seribu limaratus (1.500) paket yang disiapkan," ungkap syaiful

Syaiful menjelaskan, Binda Maluku telah melaksanakan vaksin di Kabupaten Buru  tiga lokasi, di dataran Waepo, Kecamatan Waplau dan Kecamatan Namlea untuk yang kedua kalinya.

"Untuk pelaksanaan di Kabupaten Buru sendiri sudah yang ketiga kali vaksinasi massal, namun tiap hari membantu setiap puskesmas dan pemerintah daerah untuk menggalakkan vaksinasi massal," menurutnya.


Target vaksinasi hari ini 1500 orang, namun diperkirakan masyarakat dan pelajar yang datang untuk mengikuti vaksinasi kali ini telah melebih target.

“Untuk target vaksinasi kita telah berkoordinasi dari desa itu sekitar dua ribu lima ratus (2.500) itu yang sudah ditetapkan dari pemerintah desa. Jadi sasaran kita adalah masyarakat dan pelajar, jadi yang tadi ada juga pelajar yang kelas tiga, karena memang capaian untuk pelajar dan lansia itu sebenarnya masih jauh dari target yang kita inginkan," lanjutnya.

Disampaikan pula, target vaksinasi sendiri sementara ini Maluku masih urutan terendah, sehingga Binda Maluku berupaya dengan pemerintah provinsi dan pemerintah daerah kabupaten/kota menyelenggarakan vaksinasi massal untuk tujuan mencapai tuju puluh persen (70%) vaksinasi diakhir Bulan Desember ini.  Dan capaian pelaksanaan vaksinasi Covid-19 di Kabupaten Buru hingga saat ini sudah empat puluh sembilan persen (49 %).


 "Mudah-mudahan hari ini dengan pelaksanaan di Lapangan Pattimura dan beberapa titik lainnya seperti di puskesmas-puskesmas kita bisa mencapai 50% dan untuk akhir akhir capaian kita yang target kita itu 70% di 31 Desember.


"Untuk keamanan dari vaksin sendiri nanti akan digunakan vaksin jenis Sinovac itu sudah dilaksanakan di delapan provinsi se-Indonesia. Jadi kita hanya menunggu mengejar capaian 70% baru bisa melaksanakan vaksinasi kepada anak-anak usia 6-11 tahun," terang syaiful


Pada kesempatan ini pula syaiful menghimbau, agar masyarakat bisa kembali normal, jadi untuk natal dan tahun baru ada varian terbaru yang cukup cepat penyebarannya yaitu Omicron. Jadi kita berharap semoga masyarakat bisa datang vaksin karena vaksin ini sudah aman dan halal.


Vaksinasi massal yang digelar Binda Maluku bersama Pemkab Buru turut di pantau Pemda Kabupaten Buru, serta turut hadir dalam kegiatan vaksinasi masal, Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Buru, Kapolsek Namlea, Camat Namlea dan Penjabat Kepala Desa (Kades) Namlea, dan staf Binda Provinsi Maluku. (A*)

Komentar Anda

Berita Terkini