Kapolres Lombok Utara Lakukan Silaturahmi Dengan Tokoh Umat Budha

/ 15 November 2023 / 11/15/2023 04:48:00 PM


Policewatch-Lombok Utara.

Dalam rangka menciptakan harkamtibmas yang kondusif,  Kapolres Lombok Utara AKBP Didik Putra  Kuncoro  S.I.K, M.Si. melaksanakan kunjungan dan silaturrahmi dengan tokoh agama Budha Kabupaten Lombok Utara  bertempat di Vihara Budhi Dharma Dusun Karang Lendang Desa Bentek Kecamatan  Gangga, Lombok Utara. Rabu 15/11/2023 

Sehubungan dengan kegiatan tersebut, Kapolres Lombok Utara AKBP Didik Putra Kuncoro S.I.K M.Si  yang di dampingi langsung oleh Kasat Intelkam  Iptu I Ketut Artana SH, Kasat Binmas AKP I Made Susila Artana SH, dan Kapolsek Gangga IPTU Sugijaya SH, ke tokoh agama Budha di Vihara Buddi Dharma , langsung di sambut hangat  para tokoh agama Budha diantaranya oleh  Bapak Sutranto Sh,  selaku  Ketua Permabudhi Kabupaten Lombok Utara dan saudara Rusdianto  M.Si. selaku  Ketua Magabudhi Kabupaten Lombok Utara, dan tokoh agama  Romo Juna  dengan di hadiri Perwakilan MBI KLU, Patria (pemuda terawadha Indonesia), Hikmah Budhi (Himpunan Mahasiswa Budhis Indonesia), Wandani (wanita Terawadha Indonesia) dan Tokoh umat budha yang ada di Dusun Karang Lendang.

Dalam kesempatan tersebut Kapolres  menyampaikan terimakasih atas sambutan dari para  tokoh  setempat  serta menyampaikan bahwa  kedatangan beliau bersama anggotanya dengan tujuan untuk menjalin dan mempererat tali silaturahmi dengan masyarakat setempat, serta cooloing system mengingat Tahapan Pemilu sudah berjalan sehingga Intensitas Politik mulai meningkat.

Dalam sambutannya Kapolres  menyampaikan “saya selalu menanamkan kepada jajaran, bahwa seluruh masyarakat itu sama, tidak ada yang mayoritas dan minoritas, akan tetapi point utamanya yaitu kehadiran Polri di  tengah-tengah masyarakat  yang utama, untuk bisa memberikan pelayanan kepada masyarakat, dan memberikan  solusi terhadap suatu permasalahan yang di alami oleh masyarakat  secara kekeluargaan atau Restoratif Justice tanpa menyakiti hati masyarakat” ucapnya 

Kapolres berharap jika ada permasalahan yang terjadi di masyarakat, agar bisa di komunikasikan dan di koordinasikan  dengan pihak Kepolisian, dan kedepannya Polres Lombok Utara bisa menjadi percontohan bagi Polres lain khususnya di bidang moderasi beragama, mengingat Kabupaten Lombok Utara memiliki 3 agama  baik Islam, hindu dan budha  yang selama ini kerukunannya sangat tinggi sehingga keributan yang berbau Sara hamper tidak pernah terjadi.

Dan terkait situasi pada tahapan Pemilu saat ini, saya memohon kepada masyarakat   untuk bersama-sama mengawasi pihak Kepolisian Polres Lombok Utara yang terkesan tidak netral, Kami Kepolisian berkomitmen akan memegang teguh Netralitas. Dan untuk umat budha maupun umat yang lainnya, agar tidak menggunakan tempat ibadah sebagai sarana lokasi kampanye guna menjaga kondusifitas wilayah.

Dan di akhir sambutannya Kapolres menyampaikan harapan agar seluruh umat budha di Kabupaten Lombok Utara  bisa menjadi Pelopor untuk bersama-sama dalam menjaga kerukunan antar umat beragama dan harkamtibmas di wilayah Kabupaten Lombok Utara  mengingat Intensitas Politik sudah mulai meningkat, biarpun beda pilihan kita semua harus  tetap menjaga kerukunan dan silaturahmi sehingga terwujudnya pemilu aman dan damai tegasnya.

Mn

Komentar Anda

Berita Terkini