Jalantrang : ADD Tahap Pertama Guna Memenuhi Kebutuhan Masyarakat Desa Dibidang Infrastruktur dan Pemberdayaan

/ Sabtu, 26 Mei 2018 / 15.45
 REPORTER GUNTUR
 
Sekertaris Desa Musdedi.
KUNINGAN, POLICE WATCH NEWS - Pemerintah Desa Jalatrang Kecamatan Cilebak Kabupaten Kuningan, di tahun 2018 ini tengah memanfaat kan anggaran Dana Desa tahap pertama, yang bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN).

Seperti apa yang di katakan Kepala Desa Cilebak Muhamad Solihin, melalui Sekertaris Desa Musdedi. kepada POLICE WATCH NEWS di ruang kerjanya Senin (21/05/2018) mengatakan." untuk dana desa tahap pertama tahun anggaran 2018 sendiri, tengah kami manfaatkan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat di bidang infrastruktur dan pemberdayaan." ucapnya.
Lanjutnya, " Adapun juga dana desa yang Kami terima, kami pemerintah desa manfaatkan sesuai apa yang sudah di rencanakan bersama masyarakat secara bertahap, yang sudah tertuang di dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APBDES)." sebutnya.
Musdedi juga mengatakan, untuk pembangunan fisik sendiri ada banyak titik sasaran yang akan di laksanakan di tahun 2018 ini, di mana sebelumnya sudah di rencanakan bersama masyarakat.
Untuk anggaran tahap pertama pemerintah desa jalatrang sendiri, membangun penambahan lokal dan rehab TK / TPA yang berlokasi di Dusun Puhun,  pembangunan tersebut di lakukan mengingat siswa belajar di TK / TPA tersebut sudah tidak tertampung.
Untuk kelanjutan pembangunan tahap ke dua dan ketiga berikutnya pemerintah desa akan melanjutkan pembangunan, diantaranya, pembangunan Jalan usaha tani (JUT) dan Jembatan untuk akses ke areal pertanian di Dusun puhun blok malingping.
selanjutnya pembangunan Drainase di tiga titik, yaitu kampung cileweung, cipetir dan tirtamulya blok desa dusun pahing, tepatnya di Rt.04.
Berikutnya juga pembangunan pengelolaan penanganan air limbah besar, termasuk program rutilahu untuk 3 rumah, yang masing masing sebesar Rp.5 jt. Sebagai stimulan.
Di samping itu Musdedi juga menjelaskan, dalam pelaksanaan pembangunan, tidak luput juga pembangunan jamban keluarga yang menjadi kegiatan rutin tahunan yang di laksanakan tiap tahunya hingga tahun 2020.
Dan untuk bidang pemberdayaan sendiri, Musdedi pun menjelaskan, di antaranya pemberdayaan tim penggerak PKK, kegiatan PHBI, intensif pendidik dan PAUD, pengelolaan polindes dan pos kesehatan desa, pembinaan dan pengembangan pelayanan posyandu juga menjadi prioritas.
Dia berharap agar masyarakat Desa Cilebak senantiasa mendukung program pemerintah desa untuk melaksanakan pembangunan bidang infrastruktur dan pemberdayaan masayarakat.
" Kami pihak pemerintah desa terbuka kepada masyarakat, untuk bisa mendukung program pemerintah desa untuk melaksanakan pembangunan, agar desa jalatrang semakin maju dan bisa semakin baik memberikan pelayanan kepada masyarakat, " Pungkasnya.
Komentar Anda

Berita Terkini