PT. Bukit Asam Raih Padma Mitra Award 2018

/ 8 November 2018 / 11/08/2018 06:17:00 PM

REPORTER    : BAMBANG. MD
Penghargaan diterima oleh Senior Manager CSR PTBA, Kanthi Miarso, di Ballroom Swiss-Belhotel Jakarta, Kamis (25/10) malam.

TANJUNG ENIM - POLICEWATCH.NEWS - PT Bukit Asam Tbk (PTBA) kembali menorehkan prestasi. Kali ini, PTBA menerima penghargaan dalam ajang Padmamitra Award 2018 kategori bidang penanggulangan masalah kemiskinan. Penghargaan diterima oleh Senior Manager CSR PTBA, Kanthi Miarso, di Ballroom Swiss-Belhotel Jakarta, Kamis (25/10) malam.

Penghargaan ini diberikan sebagai apresiasi terhadap pengembangan dan pembinaan yang dilakukan PTBA melalui Sentra Industri Bukit Asam (SIBA) bidang pertanian untuk produk unggulan beras sehat merek Dewa Bukit Asam di Desa Pagar Dewa, Muara Enim.

Desa Pagar Dewa merupakan salah satu desa binaan PTBA, di mana PTBA mendirikan Badan Usaha Milik Petani (BUMP) PT Pagar Bukit Asam. Di desa ini, perusahaan bersama masyarakat melakukan transformasi pertanian dari sistem pertanian kimia menjadi sistem pertanian organik, sehingga menghasilkan beras sehat. Sistem ini pun bersinergi dengan pemanfaatan energi terbarukan solar cell.
Tak hanya itu, PTBA juga melakukan berbagai kegiatan pengembangan lainnya, meliputi pendampingan, pelatihan, pemberian alat pertanian, pembangunan gudang produksi, dan produksi. Nantinya, beras Dewa Bukit Asam dibeli langsung oleh PTBA untuk program Bukit Asam Peduli dan dibagikan kepada masyarakat yang membutuhkan.

Sementara itu, Padmamitra Award merupakan penghargaan yang diberikan kepada badan usaha atas kontribusi dalam membantu pemerintah dan masyarakat menangani berbagai permasalahan sosial yang ada di sekitar perusahaan melalui program Corporate Social Responsibility (CSR). Tak sekadar penghargaan, Padmamitra Award juga bertujuan memotivasi badan usaha dalam melaksanakan tanggung jawab sosial dalam penyelenggaraan kesejahteraan sosial.

Diselenggarakan oleh Kementerian Sosial RI dan Forum CSR Kesejahteraan Nasional, Padmamitra Award diikuti oleh perusahaan negara, swasta, hingga multinasional. Proses seleksi sendiri berlangsung pada Juli-September 2018 lalu. Penilaian meliputi tata kelola program, perencanaan, pelaksaanaan, serta monitoring dan evaluasi.


Komentar Anda

Berita Terkini