Kasus Ribuan e-KTP Tercecer di Jalan Diambil Alih Polres Jakarta Timur

/ Minggu, 09 Desember 2018 / 21.00

Reporter : Fauzyiah
Penemuan e-KTP aktif di jakarta timur

Jakarta Policewatch.news,-Kasus penemuan e-KTP dalam sebuah karung oleh warga Pondok Kopi, Jakarta Timur hingga kini masih terus ditelusuri. Setelah dihitung-hitung, jumlah e-KTP yang disimpan dalam karung itu ada ribuan. 

Ketua RW XI Pondok Kopi, Ipit Purwanto menjelaskan awal mula penemuan e-KTP sekarung itu ditemukan oleh anak-anak lingkungan yang sedang bermain. Anak-anak itu kemudian melaporkan temuan e-KTP itu kepada RT/RW setempat untuk dicek kebenarannya.

"Ini anak-anak ini banyak sekali ke sana kemari, banyak sekali. Semuanya anak kecil. Mereka ngiranya ATM, ada sekitar radius 50 meter tersebar. Tadi dihitung sama saya dan Kapolsek dan reserse ada 2.158," ujar Ipit di lokasi, Sabtu (8/12).

Seusai melihat barang bukti, Ipit tanpa berpikir panjang untuk segera melapor ke polisi. Setelah jajaran kepolisian datang ke TKP, saksi-saksi yang menemukan e-KTP tersebut dimintai keterangan.
"(Diminta keterangan) Cuma kronologis, si anak-anak saya bawa ke Polsek," ucap dia.
Sementara itu, Kadis Dukcapil DKI Dhany Sukma menyatakan bahwa e-KTP sekarung yang ditemukan warga itu merupakan cetakan lama. Kendati demikian, ia tetap meminta kasus ini tetap diusut.
"Yang pasti, ini KTP cetakan masal yang pertama. Bukan KTP elektroniknya. Tahun 2011-12-13, nah untuk melihat kronologisnya, kita sedang minta tolong kepolisian untuk melakukan pelacakan," kata Dhani.
Tak hanya itu, pihaknya belum bisa memastikan secara rinci apakah e-KTP yang ditemukan itu masih berlaku atau aktif. 
"Kan mesti dicek dulu kalau masalah aktif dan berlakunya. Kan lagi di polsek barangnya, mau dilacak sama polsek," pungkasnya.

Aparat kepolisian akan berkoordinasi dengan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Jakarta Timur guna menyelidiki kasus penemuan ribuan e-KTP yang tercecer di kawasan Pondok Kopi, Duren Sawit, Jakarta Timur, 

Kapolsek Duren Sawit Kompol Parlindungan Sutasuhut menyampaikan koordinasi itu dilakukan untuk mendalami soal proses pendistribusian e-KTP.  Menururtnya, polisi akan menyelidiki dugaan kelalaian pengiriman sehingga e-KTP yang tersimpan karung itu tercecer ke jalanan.
"Kami akan usut. Nanti reserse cari sumbernya. Dan koordinasi dengan Disdukcapil DKI, kalau wilayah ini siapa yang berwenang melakukan distribusi? Kenapa sampai tercecer," kata Parlindungan dihubungi, Sabtu (8/12/2018).

Parlindungan menduga e-KTP itu tercecer saat hendak dibawa pemenang tender proyek pembuatan e-KTP.

"Mungkin jatuh waktu akan diserahkan ke Disdukcapil," kata dia.

Penemuan e-KTP itu berawal dari anak-anak yang sedang bermain di sekitar Jalan Karya, Bakti VI, RTb3, RW 11, Pondok Kopi, Duren Sawit. Awalnya, karung yang berisi ribuan e-KTP itu ditemukan sekitar pukul 13.00 WIB siang. Bahkan, anak-anak yang pertama kali menemukannya sempat memaikan e-KTP karena berceceran di jalanan.

Terkait penemuan itu, polisi langsung menuju lokasi. Meski belum diketahui jumlah pasti, polisi telah menyita karung berisi e-KTP untuk kepentingan proses penyelidikan dan kasus ini di limpahkan ke polres jakarta timur.

Komentar Anda

Berita Terkini