BUPATI LAHAT TEMUI PENDEMO SIAP SELESAIKAN MASALAH DENGAN MHP

/ Rabu, 20 Februari 2019 / 03.00

Reporter     : Bambang. MD
mediasi

LAHAT - MEDIA POLICEWATCH.NEWS - Kasus Lahan di MHP tidak pernah kunjung selesai mulai dari Bupati Harunata, Bupati Aswari pemilik lahan kecewa dan akhirnya Ratusan Warga Desa Gedung Agung dan Arahan, Kecamatan Merapi Timur, Kabupaten Lahat mendatangi dan
menggelar aksi demo dihalaman Pemkab Lahat, Selasa (19/02/19) sekitar pukul 10.30 WIB.
Aksi demo ini dikawal menggunakan water cannon dan dibantu dari Polres Lahat dan Polsek Merapi untuk mengamankan aksi yang digelar oleh warga dan dikabarkan warga rencananya bermalam memasang tenda serta membawa kayu bakar untuk memasaka kata " Ramli selaku koordinator aksi kepada media POLICEWATCH.NEWS (19/2). mereka menuntut penyelesaian kompensasi penggusuran lahan yang dilakukan oleh PT. MHP.

Aksi yang dimotori oleh Ramli (Aktivis Warga Merapi), meminta kepada pihak Pemkab Lahat untuk turun tangan dan serius dalam penyelesaian permasalahan , lantaran selama 4 tahun nasib tanah yang digusur seluas 99 hektar milik masyarakat belum jelas pergantian ruginya oleh pihak PT. MHP.
"Kami meminta kepada pihak perusahaan untuk mengembalikan lahan tersebut, jika tidak maka pihak perusahaan harus memberikan ganti rugi atas lahan itu," ungkap Ramli dalam orasinya yang didampingi oleh Ketua GRPK Lahat Saryono dan Anggotanya Elan Setiawan.
aksi demo

Orasi lainnya disampaikan, Elan Setiawan, anggota GRPK Lahat adalah meminta kepada Bupati Lahat agar secepatnya menuntaskan persoalan ini. "PT. MHP sudah tidak ada niat baik lagi kepada warga" Ujar Elan
Sementara itu, Bupati Lahat Cik Ujang, SH yang langsung menemui warga berjanji akan membantu menyelesaikan persoalan tersebut. Bupati meminta kepada warga untuk dapat menahan diri sampai persoalan penggusuran lahan yang dilakukan pihak PT MHP selesai.

"Saya minta warga tidak terprovokasi dan bisa menahan diri, Saya siap membantu menyelesaikannya, Asalkan persoalan ini tidak dimanfaatkan oleh segelintir orang yang ingin mengambil kesempatan, terkait proses penyelesaiannya dalam waktu dekat ini pihak PT. MHP akan segera kita panggil untuk diminta kejelasannya akan penyelesaian dari tuntutan kalian (warga masyarakat Gedung Agung dan Arahan)," ujar Cik Ujang
Terpisah perwakilan warga dari tiga desa diterima diruang assisten 1 Pemkab Lahat didampingi dari pihak kepolisian Polres Lahat serta Perkim untuk menyelesaikan lahan milik masyarakat warga Arahan, Gedung Agung dan Tanjung Lontar Kecamatan Merapi Timur ujar " Ramli dan kami akan bermalam besok menemui Gubernur Herman Deru .

Komentar Anda

Berita Terkini