Rumah Warga Desa Darmo Terancam Longsor

/ Sabtu, 30 Maret 2019 / 19.01

Reporter. : Bahri 
penurunan tanah disekitar bantaran Sungai Enim Di Desa Darmo Kecamatan Lawang Kidul
Kabupaten Muara Enim, beberapa rumah warga terancam runtuh.
Dari pantauan media policewatch.news (30/3) 

MUARAENIM - (POLICEWATCH.NEWS)Diduga karena penurunan tanah disekitar bantaran Sungai Enim Di Desa Darmo Kecamatan Lawang Kidul Kabupaten Muara Enim, beberapa rumah warga terancam runtuh.
Dari pantauan media policewatch.news (30/3) di tempat lokasi, salah satu rumah warga yang pondasinya sudah menggantung yaitu rumah Kakek Imbron (65th) di Desa Dusun IV Desa Darmo.

Kondisi ini kalau tidak cepat ditanggulangi, rumah kakek Imron akan terjadi keruntuhan. Padahal jarak rumah kakek Imron dengan sungai Enim ada sekitar 25 meter lagi, Entah fenomena apa ini, dampak dari apa ini sehinggga beberapa rumah di Desa Darmo Kecamatan Lawang Kidul terancam runtuh.

Rumah Kakek Imbron yang berukuran sekitar 8 x 5 meter dihuni tiga kepala keluarga termasuk kakek Imron sendiri.

Diceritakan Imron, bahwa dulu saya membangun rumah jarak bangunan dengan sungai Enim ada sekitar 50 meter, namun seiring waktu, saat ini jarak Sungai Enim dengan rumahnya tinggal 25 meter lagi.
Tutur Imbron kepada wartawan,yang jadi permasalahan rumah saya di duga terancam longsor ini sudah dia sampaikan ke perangakat Desa dan Ke kecamatan Lawang Kidul " ujarnya

Dia menuturkan lagi berapa waktu yang lalu walau itu cuma secara lisan, namun permasalahan ini belum ada tindak lanjut” .

Dengan kondisi ini, sebelum terjadi hal hal yang tidak diinginkan, Imbron berharap kepada Pemerintah dan pihak Perusahaan yang ada disekitar dapat membantu masyrakat yang rumahnya terancam longsor. ” Agar secepatnya membangun tembok penahan sebelum beberapa rumah masyarakat tidak  terbawa tanah yang longsor ” harap Imbron.

Lebih jauh diugkapkan Imbron bahwa sebelumnya untuk menanggulangi longsor tanah, dilokasi ini memang pernah dibangun bronjong, namun saat ini bronjong tersebut sudah lenyap dibawah arus sungai " terangnya
Senada juga disampaikan salah seorang tetangga Kakek Imron, Abli. ” Kejadian tanah longsor  di Desa Darmo Kecamatan Lawang Kidul Kabupaten Muara Enim Sumatera Selatan, nyaris menyeret beberapa rumah dan  juga Istalasi Pengelolahan air limbah ( IPAL) di Dusun 4 Desa Darmo. Terang Abli.

Sementara itu, sejumlah awak media mau konfirmasi dengan pihak Pemerintah Desa Darmo. Karena hari libur, kantor Kepala Desa dalam keadaan tertutup.

Komentar Anda

Berita Terkini