POLICEWATCH

PROYEK RABAT BETON DESA GUNUNG WANGI DIDUGA DI MARK UP

/ Rabu, 12 Februari 2020 / 12.27
dok ; POLICEWATCH


Majalengka, - Policewatch.news,-  Desa Gunung Wangi kecamatan Argapura kabupaten Majalengka telah selesai merealisasikan Dana Desa tahap 3 tahun 2019 , salah satunya dialokasikan ke pembangunan rabat beton di blok Gunung wangi dengan anggaran sebesar Rp 13.749.500 dengan volume panjang 54 meter , lebar 1 meter dan tinggi 0,07 meter atau 3,78 m3 .

Dengan anggaran tersebut dan volume yang hanya 3,78 m3 disinyalir terjadi mark up anggaran bila dihitung berdasarkan standar belanja daerah ( SBD ) kabupaten Majalengka .

Diduga per meter kubiknya mencapai 3 juta lebih per kubiknya , sedangkan SBD kabupaten Majalengka untuk pekerjaan rabat beton  masih dibawah Rp 1juta per meter kubiknya , itu juga untuk kwalitas standar jalan tol.

Seperti sama diketahui proyek yang dilaksanakan dari anggaran dana desa sifatnya adalah swakelola yang berarti tidak ada profit atau keuntungan dalam pelaksanaanya , namun bila di estimasi proyek pekerjaan rabat beton desa Gunung wangi tersebut diduga ada kelebihan Rp 2 juta lebih per meter kubik .

 Tim media Police Watch mencoba mengklarifikasi hal tersebut ke balai desa Gunung wangi pada senin 27/01/2109 dan bertemu dengan Kasi Ekbang . 

Ekbang mengatakan kami melaksanakan anggaran sudah sesuai dengan RAB ( rencana anggaran belanja ) , dan RAB tersebut sudah di verifikasi oleh UPTD BMCK  , ujar Ekbang .

Terlepas dari pernyataan Ekbang kepada tim media , mengapa anggaran yang disusun di RAB tersebut melebihi harga SBD Kabupaten Majalengka , apakah kwalitas dari pekerjaan rabat beton desa gunung wangi tersebut jauh melebihi kwalitas proyek jalan tol ? 

Dari hasil estimasi dan konfirmasi tim media untuk dijadikan suatu berita , sudah seharusnya dinas terkait dalam hal ini Kecamatan Argapura dan Inspektorat melakukan pemeriksaan kepada pekerjaan rabat beton desa Gunung wangi , juga tidak menutup kemungkinan untuk pekerjaan yang lainnya ada terjadi kelebihan perbelanjaan. 

** tim MPW
Komentar Anda

Berita Terkini