PEMERINTAH DESA WAETELE SALURKAN BLT DANA DESA KEPADA 98 MASYARAKAT PENERIMA MANFAAT

/ Jumat, 22 Mei 2020 / 00.21


Pemerintah Desa Waetele Menyalurkan BLT Dana Desa Kepada 98  Orang Penerima Manfaat yang di berikan secara simbolis oleh Sekda Kabupaten Buru

Buru,Policewatch.News,- Pemerintah Desa (Pemdes) Waetele yang dipimpin Kepala Desa Waetele Nur Yasin menyalurkan Bantuan Langsung Tunai (BLT) Dana Desa sebesar Rp. 600.000/Orang, kepada 98 Orang masyarakat penerimaan manfaat BLT Dana Desa Penanganan Pendemi Covid-19 bertempat di Kantor Desa Waetele,  Kecamatan Waeapo,  Kabupaten Buru pada Kamis, (21/05). 

Penyaluran BLT Dana Desa Disaksikan langsung Sekda Kabupaten Buru,  Asisten II Pemda Buru,  Camat Waeapo,  Babinsa Waetele, serta Babinkamtibmas Desa Waetele.

Mengawali kegiatan pembagian BLT Dana Desa Camat Waeapo menyampaikan ada beberapa bantuan yang di berikan di Desa Waetele di antaranya Program Keluarga Harapan (PKH) , Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT), BLT dari Kementrian Pusat,  Sembako yang disalurkan melalui Pemda Kabupaten Buru,  Kursi Roda dari dinas Sosial dan Juga BLT Dana Desa.

Dalam Kesempatan ini pula Assisten II Pemda Kabupaten Buru mengingatkan pada penerima BLT Dana Desa dalam rangka memutus penyebaran wabah Virus Corona pentingnya menjaga pola hidup sehat dengan sering mencuci tangan, menyediakan tempat cuci tangan di rumah masing-masing, dan selalau menggunakan masker saat keluar rumah serta mengkonsumsi makanan yang bergizi.
Penyaluran BLT Dana Desa Waetele

Dalam sambutannya Sekda Kabupaten Buru Mewakili Bupati Buru menyampaikan Saat ini tim Satuan Gugus Tugas penanganan Covid-19 telah melakukan dua tahapan, yaitu pertama melakukan pencegahan penyebaran Covid-19 dengan menghimbau mensosialisasikan, mengantisipasi adanya penyebaran Virus Corona baik di Kabupaten,  Kecamatan, maupun di Desa-Desa. 

 Tahap Kedua menyiapkan sarana prasarana kesehatan dan mengatasi dampak ekonomi di maayarakat,  hal ini sesuai dengan yang dijelaskan Pak Camat tadi di harapkan dengan bantuanini dapat meringankan dampak ekonomi di Desa Waetele ini. 

Pada kesempatan ini pula Sekda Kabupaten Buru menghimbau kepada camat Waeapo dan Kepala Desa Waetele agar menginfentarisir masyarakat yang terdampat namun belum terjangkau bantuan untuk di usulkan karena masih ada bantuan melalui dinas Sosial bagi masyarakat terdampak Covid-19 yang belum tersentuh bantuan.

Sementara kepala Desa Waetele Nur Yasin saat di konfirmasi terkait BLT Dana Desa diruang Kerjanya Kantor Desa Waetele menyampaikan bahwa anggaran BLT Dana Desa telah dianggarkan 30% dari jumlah Dana Desa.

Dana Desa Tahun 2020 milik desa waetele sekitar Rp. 966.000.000 maka 30% dari total BLT Dana Desa Sekitar 280 Jutaan telah di anggarkan untuk BLT Dana Desa. Sehingga dengan jumlah Penerima 98 Orang akan di gunakan Rp. 176.400.000 untuk tiga bulan ini,  dengan di bayarkan tahap satu ini sebesar Rp. 58.800.000 Untuk 98 Penerima, dan Rp. 117.600.000 akan dibayarkan pada tahap dua dan tiga. 

"Sementara sisa anggaran 30%  dari total Dana Desa untuk penerima yang akan di gunakan tiga bulan ini akan di gunakan sebagai cadangan jikalau terjadi perpanjangan masa Pendemi Covid-19, karena kita belum tau sampai kapan pendemi ini akan berakhir. Hal ini juga sesuai surat edaran Mentri keuangan." Ungkap Kepala Desa Waetele.(AP) 
Komentar Anda

Berita Terkini