Satgas Yonif Mekanis 516 Cakra Yudha Di Berangkatkan Ke PAMTAS RI - PNG Via Dermaga Madura

/ 25 Mei 2020 / 5/25/2020 10:51:00 PM


DOK : MPW

SURABAYA, POLICEWATCH,- Bertempat di Dermaga Madura Ujung Koarmada II Surabaya telah dilaksanakan Upacara pemberangkatan Satgas Yonif Mekanis 516/Caraka Yudha dalam rangka penugasan ke PAMTAS RI - PNG TA. 2020. 450 Personel dipimpin oleh Dansatgas/Danup Letkol Inf Muhammad Radhi Rusin, S.I.P sebagai Inspektur Upacara Dankogartap III Surabaya Mayjen TNI Widodo Iryansyah, S. Sos, M.M, (25/5/2020).

Hadir dalam upacara tersebut Dankogartap III Sby, Mayjend TNI Widodo Iriansyah., Pangkoarmada II Laksda TNI Heru Kusmanto, S.E, M.M., Kasdam V/Brw, Brigjen TNI Agus Setiawan, S.E., Dankodiklatal, Laksda TNI Nurhidayat SH., Wakapolda Jatim Irjen Pol Drs Djamaludin., Danpasmar 2, Brigjen TNI Ipung Purwadi., dan Kaskogartap III/Sby, Brigjen TNI Purwadi M. Tr. Han., serta Danrem 084/BJ, Brigjen TNI Herman Hidayat Eko Atmojo.

Selain itu turut hadir Danlantamal V, Laksma TNI Tejo Sukmono S.H, CHRMP.,  Asops Kogartap III/Sby, Kolonel Mar Joni Sulistiawan., Aspers Kasdam V/Sby, Kol Inf Tj Dwi cahyo., Waasops Kogartap III/Sby, Letkol Arh Surya Dani., 13. Kol Inf. R Dwi Tjahjo Harsono S.E,.Msi., Kakumdam V/Brw, Kol. Chk Hadi Supeno SH.M. H., Katopdam V/Brw, Kol. Ctp. Heri., Kakesdam, Kol. Ckm. M Arif Haryanto., Kahubdam V/Brw, Kol. Chb. Bambang pujiadi ST., Danbrigif 16/WY, Kol Inf Indra Saputra., Dandim Tipe A 0831/ST, Kol. Inf Agus Faridianto., Dandim 0832/SS, Kol Inf Muhamad Jajul Arif., Dansat Brimob Polda Jatim, Kombespol I Ketut Wijatmiko., Dan KRI Banda Aceh-593, Kolonel Laut P Ali dan  Para Asisten Kasdam V/Brw serta Ketua Persit KCK Daerah V/Brw, beserta pengurus.

"Adapun Pasukan Upacara di bagi menjadi 3 tim, yakni 1 Peleton Korsik Ajenrem 084/BJ., 4 SSK Satgas Yonmek 516/CY dan 1 Peleton Gab Pamen".

Diawali Pukul 08.10 Wib Persiapan Pasukan Upacara Upacara dan komandan upacara memasuki lapangan dilanjutkan Laporan Perwira Upacara kepada inspektur Upacara selanjutnya Inpektus Upacara tiba ditempat Upacara.

"Menyanyikan lagu Indonesia Raya, dilanjutkan Penghormatan pasukan, pada Pkl 08.20 Wib Laporan Komandan Upacara dilanjutkan dan pemeriksaan pasukan".

Dilanjutkan amanat Dangartap III Sby, Mayjen TNI Widodo Iryansyah, S. Sos. M.M., Saya mengucapkan ”Selamat Hari Raya Idul Fitri 1441 H, Mohon Maaf Lahir Dan Bathin” selamat atas terpilihnya Prajurit-Prajurit Satgas 516 Caraka Yudha dimana bangsa dan negara telah memberi keper-cayaan dan kehormatan dalam pengabdian untuk menjaga keamanan NKRI melalui penugasan terhormat Pamrahwan RI-PNG.

Kebanggaan atas pengabdian ini di samping sebagai catatan sejarah bangsa yang ditorehkan oleh 516 Caraka Yudha dalam andil-nya turut menjaga keutuhan bumi pertiwi, satu kebanggaan dan kesempurnaan sebagai seorang Prajurit adalah tugas membela negara dan bangsa tercinta ini, terang Mayjend Widodo.

"Tidak sedikit dari sekian banyak Prajurit TNI yang belum beruntung dan belum mendapatkan kesempatan untuk menjalankan tugas negara seperti yang akan kalian tempuh ini".

Pengamanan Pamrahwan adalah salah satu tugas yang diamanatkan oleh negara kepada TNI. Saudara memiliki tugas dan tanggung jawab yang tidak ringan, menjaga keutuhan NKRI yang berbatasan langsung dengan Papua Nugini. Untuk menciptakan situasi yang kondusif sepanjang perbatasan ke dua negara, memberikan rasa aman kepada masyarakat, serta membantu pihak/aparat terkait menangani permasalahan yang sering terjadi di wilayah perbatasan seperti pelanggaran lintas batas, penyeludupan barang ilegal ter-masuk Narkoba serta gangguan keamanan lainnya.

Tugas yang tidak kalah penting, kalian harus bisa membantu meningkatkan kesejahteraan masyarakat setempat. Tetapi tugas ini akan menjadi ringan apabila kalian melaksanakannya dengan tulus, ikhlas dan penuh rasa tanggung jawab.

Prajurit 516 Caraka Yudha Prajurit yang terpilih dan terlatih, Prajurit yang handal dan memiliki standart yang tinggi saya yakin dan percaya dengan bekal latihan dan ilmu yang kalian peroleh selama ini serta latihan pra tugas yang telah dilaksanakan, kalian akan mampu melaksanakan tugas ini oleh karena itu materi yang dilatihkan selama pra tugas agar dijadikan sebagai pedoman dalam pelaksanaan tugas, tegas Mayjend Widodo.

Bersambung..

(Bagus)
Komentar Anda

Berita Terkini