Program " Berobat Gratis " 168.351 Kartu Lahat Sehat Telah Distribusikan Ke Daerah

/ Sabtu, 19 Januari 2019 / 01.08


Breaking News

PALEMBANG -  MEDIA POLICEWATCH.NEWS - Program berobat gratis Bupati Lahat Cik Ujang - Haryanto (CAHAYA) seperti bukan hanya sekedar isapan jempol belaka.
Dinas Kesehatan Kabupaten Lahat beserta BPJS Kesehatan Kabupaten Lahat telah menyatakan kesiapannya mendukung Program " Berobat Gratis " bagi seluruh masyarakat Kabupaten Lahat.
Berdasarkan data yang didapatkan  dari Dinas Kesehatan Lahat ada kurang lebih 168.351 masyarakat Kabupaten Lahat per 1 Januari 2019 yang belum ikut BPJS secara otomatis semuanya telah didaftarkan ke ikutsertaannya di Program Jaminan Kesehatan milik Pemerintah Daerah Kabupaten Lahat.
Sebanyak 168.351 Kartu BPJS Lahat Sehat sedang didistribusikan ke seluruh masyarakat, namun yang belum menerima tetap bisa menikmati manfaat dengan cukup membawa E-KTP dan KK ke pusat pelayanan kesehatan Puskesmas atau pun Rumah Sakit Umum Kabupaten Lahat.
Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Lahat DR.H. Rasyidi Amri.MT. menjelaskan kepada wartawan di ruang kerjanya, Rabu (09/01/2019).
"Ya ini semua tentunya sebagai realisasi dari program kerja yang telah dicita-citakan oleh Bupati kita Cik Ujang Dan Haryanto, kita semua sebagai stik holder sangat Siap dan berkomitmen mendukung penuh karena ini juga merupakan program pemerintah provinsi dan pusat," ujarnya.
Ia menambahkan, perlu diketahui oleh seluruh lapisan masyarakat yang tercover oleh Pemda adalah pelayanan kelas 3, jadi semua warga masyarakat baik itu dalam kategori mampu ataupun tidak mampu semuanya tercover jika berobat di Puskesmas ataupun Rumah Sakit Umum yang menjalin kemitraan dengan BPJS Kesehatan.
Ada syarat ketentuan yang berlaku bagi masyarakat yang ingin terus menikmati program ini yaitu satu, bagi para peserta pemegang Kartu Lahat Sehat harus tertib mengikuti pelayanan kesehatan kelas 3.
2. masyarakat yang melakukan pengobatan yang diawali memakai fasilitas kelas 3 kemudian lanjut dengan naik kelas, maka secara otomatis program tersebut tidak berlaku lagi terhadapnya, maka ia dikategorikan sebagai masyarakat yang ikut BPJS secara mandiri.
3. bagi masyarakat mampu yang tidak pernah menggunakan fasilitas manfaat dari program tersebut atau maka otomatis Program Lahat Sehat tidak berlaku lagi padanya.
Ia pun mengimbau kepada masyarakat Kabupaten Lahat yang belum terdaftar atau yang baru berdomisili di Kabupaten Lahat dan memiliki NIK E-KTP Lahat agar segera menghubungi Dinas Kesehatan untuk dilakukan pendataan dan diberikan rekomendasi ke BPJS Kesehatan agar bisa menikmati manfaat dari Program Lahat Sehat.
Terpisah Kepala Cabang BPJS Kesehatan Cabang Lahat, Hamrizal saat di konfirmasi diruang kerjanya pada hari yang sama mengatakan, pihaknya sudah siap semuanya, bahkan program ini sudah berjalan. Kartu sudah kita distribusikan ke setiap kecamatan, kelurahan dan ke desa-desa untuk dibagikan ke seluruh masyarakat.
"Tidak ada alasan lagi bagi masyarakat untuk tidak ikut program JKN KIS Dan BPJS karena pada saat ini tidak mau daftar secara mandiri. Pemerintah daerah sudah mendaftarkan secara otomatis bagi yang tidak mampu, maka tagihan premi akan dibayar oleh Pemda," ujarnya.
Program Lahat Sehat target utamanya adalah mencover masyarakat yang tidak mampu. Namun pada awalnya, semuanya baik itu yang mampu dan tidak mampu diikutsertakan, dan nanti setelah program berjalan akan di seleksi lagi. Bagi masyarakat yang tingkat ekonominya meningkat, maka dia secara otomatis akan di masukkan ke BPJS Kesehatan Mandiri (berbayar)

Penulis    : Rangga Guritno
Komentar Anda

Berita Terkini