PEMIMPIN YANG BAIK ITU IBARAT MATA AIR MENJADI SUMBER KEARIFAN, ILMU AKHLAK DAN TELADAN HIDUP.

/ 2 Maret 2020 / 3/02/2020 01:07:00 PM
Tenor Amin Sutanto


Red, Policewatch,-Pemimipin merupakan sebuah posisi yang sangat menggiurkan dan begitu di inginkan oleh banyak orang. menjadi pemimpin dianggap memiliki otoritas penuh terhadap bawahannya.

Akan tetapi untuk menjadi pemimpin yang baik bukan tentang uang atau otoritas, melainkan karakter ketika harus mengayomi orang banyak. Harus terlebih dulu mempraktikkan tips dan trik menjadi tipe seorang pemimpin yang baik dan benar.

Siapapun bisa menjadi pemimpin. Namun perlu di ingat bahwa perjalanan karier mulai dari bawah untuk sampai di puncak struktur kepemimpinan sebuah perusahaan tidak semudah apa yang dibayangkan. Butuh usaha dan kerja keras untuk memiliki kriteria tertentu seorang pemimpin. Pemimpin yang baik adalah hasil dari konsistensi dan proses panjang.

Definisi Pemimpin berasal dari kata asing leader dan kepemimpinan leadership,  pemimpin adalah seorang pribadi yang memiliki superioritas tertentu, sehingga dia memiliki kewibawaan dan kekuasaan untuk menggerakan orang lain melakukan usaha bersama guna mencapai sasaran tertentu.

Bahwa pemimpin adalah vionir sebagai orang yang bersedia melangkah kedalam situasi yang tidak diketahui, pemimpin yang mempunya visi yang jelas dapat menjadi penuntun dalam melaksanakan tugas pokok dan fungsinya sebagai pemimpin.

Pemimpin sebagai orang yang melakukan atau menjalankan kepemimpinan leadership sedangkan pimpinan adalah mencerminkan kedudukan seseorang atau kelompok orang pada hierarki tertentu dalam suatu birkrasi formal maupun informal. contoh pemimpin yang baik ialah Presiden Soekarno dan Hatta. Ia merupakan presiden pertama indonesia dan tokoh proklamator pembebasan Indonesia dari penjajah.

Tips Dan Trik Menjadi Tipe Seorang Pemimpin Yang Baik Dan Benar


Banyak orang yang beranggapan bahwa menjadi seorang pemimpinsangat mudah. Namun pada kenyataannya, itu tidak semudah yang terlihat. Apalagi jika ingin dipandang sebagai pemimpin yang baik dan dicintai bawahannya.

Mungkin indikator pemimpin yang baik sangat subjektif. Sebab masing-masing kepala memiliki sudut pandang yang berbeda.Lalu bagaimana cara bersikap seorang pemimpin yang baik? Berikut tips dan trik menjadi tipe seorang pemimpin yang baik dan benar.

1. *Berwawasan Luas*
Pertama adalah memiliki wawasan yang luas. Tugas seorang pemimpin sebuah perusahaan sangat besar. Ia harus bertanggung jawab penuh terhadap kelangsungan bisnis yang dikelola juga kesejahteraan para karyawan. Harus benar-benar memahami bidang bisnis yang tengah digeluti. Sehingga seorang pemimpin harus memliki wawasan yang luas, dan terus meningkatkan hal tersebut dengan terus belajar dan tidak mudah merasa puas dengan ilmu baru.

Dengan bekal wawasan yang luas, pemimpin akan mampu mengarahkan bawahannya serta mampu mengambil keputusan yang tepat dalam berbagai keadaan. Para bawahanpun akan menaruh respek terhadap pemimpinnya, sebab merasa telah dipimpin dengan cara yang baik dan benar.


2. *Bijaksana Ketika Menghadapi Masalah*
Tips dan trick yang kedua yaitu bijaksana ketika menghadapi masalah.Tipe kepemimpinan seseorang mungkin berbeda-beda,ada yang otokratis, militeristik, atau bahkan kharismatik. Tapi satu hal yang pasti, setiap gaya kepemimpinan akan ad abeberapa orang yang tidak senang. Itu adalah hal yang wajar, karena pemimpin tidak bisa menyenangkan semua bawahannya. Sebaik apapun gaya kepemimpinan seseorang, tentu akan ada yang tidak menyukainya dengan berbagai alasan.

Terutama bagi seorang pemimpin perusahaan besar, yang sudah pasti akan berhadapan dengan banyak orang dengan beragam kepentingan. Diperlukan kebijaksanaan untuk mampu membuat perusahaan tetap dalam keadaan terkendali saat menghadapi permasalahan. Pemimpin akan memperoleh dukungan dengan sikap bijak tersebut.

3. *Membangun Komunikasi dan Interaksi yang Menyenangkan*
Seorang pemimpin juga perlu membangun interaksi dan komunikasi dengan orang-orang yang di bawahi.Tidak harus setiap saat atau terlalu dekat, sebab menjadi pemimpinmemiliki banyak kesibukan dan tanggung jawab yang harus dilakukan.Hal yang terpenting adalah upaya untuk terusmembangun komunikasi dan interaksi yang menyenangkan saat berada di lingkungan kerja. Tunjukkan sikap ramah misalnya dengan tersenyum atau menyapa karyawan.

Jangan tunjukkan otoritas, perlakuan demikian akan menimbulkan rasa tidak nyaman terhadap bawahan. Hal itu juga menimbulkan kesan terlalu membanggakan jabatan, sehingga hanya dianggap sebagai formalitas saja.Jadilah sosok pemimpin yang bersahabat meskipun dengan level jabatan yang berada di atas mereka.

4. *Mau Menerima Masukan*
Biasanya tipe pemimpin otokratis maupun militeristik akansulit bahkan tidak mau menerima pendapat, kritik atau saran dari orang lain. Setiap ucapannya tidak boleh dibantah. Salah satu tugas seorang pemimpin adalah memberikan masukan pada bawahannya. Akan tetapi, pemimpin yang baik dan benar juga harus mau mendengarkan dan menerima masukan dari orang lain. Sebab sebanyak apapun hal yang dipelajari, pengetahuan seseorang tetap terbatas.

Dengan mendengarkan pendapat orang lain, memungkinkan seorang pemimpin bisa belajar lebih banyak hal baru yang belum diketahui sebelumnya.Tidak ada yang salah dengan menerima kritik dan saran dari bawahan.

Berikan kesempatan pada siapa saja yang mau menyampaikan aspirasi maupun pendapat yang berbeda. Sebab pemimpin juga membutuhkan cara pandang orang lain untuk melengkapi cara pandangnya dalam memghadapi masalah.

5. *Mau Mengakui Kesalahan dan Kekurangan*
Tips dan trik menjadi tipe seorang pemimpin yang baik dan benar selanjutnya adalah mau mengakui kesalahan dan kekurangan.Pemimpin harus memiliki keberanian untuk mengakui kesalahan dan kekurangannya di hadapan bawahannya, yang demikian adalah sosok pemimpin yang rendah hati. Jangan terlalu meninggikan gengsi, sebab menusiawi jika setiap orang memiliki kekurangan dan ada kalanya melakukan kesalahan.

Seorang pemipin tidak harus malu ketika menyadari kekurangan dan mengakui kesalahan yang telah dilakukan. Kedua hal tersebut justru akan membuat bawahan semakin respek kepada pemimpinnya yang mau berusaha untuk intropeksi dan memperbaiki diri.

Dengan demikian maka, menunjukkan bahwa sebagai pemimpin yang baik harus mau menjadi pribadi yang lebih baik lagi. Sekaligus bisa menjaditeladan pula bagi bawahannya agar meniru sikap yang ditunjukkan pemimpinnya.


6. *Mau Memberi Apresiasi*
Setiap orang membutuhkan rasa dihargai atas sesuatu yang telah susah payah dicapainya, begitu pula dengan karyawan. Menjadi pemimpin yang selalu memberi apresiasi pada bawahannya, tentu akan dicintai dan disegani. Hal tersebut akan meningkatkan loyalitas karyawan kepada pemimpin yangselalu memberi apresiasi atas prestasi yang mereka peroleh.

Jangan segan mengucapkan terimakasih atas kerja keras para bawahan. Kemudian beri mereka pujian dan reward bagi karyawan yang telah memberikan hasil kerja yang memuaskan. Segala bentuk apresiasi yangpemimpin berikan pada bawahannya akan memacu motivasi mereka untuk melakukan peningkatan kinerja.

7. *Rasa Empati Terhadap Bawahan*
Terakhir adalah memiliki rasa empati. Pemimpin harus memiliki tingkat kepekaan yang tinggi terhadap lingkungan kerja di sekitarnya. Kondisi para karyawan perlu mendapat perhatian khusus. Rasa empati terhadap masalah atau kesulitan yang tengah dihadapi bawahan merupakan hal penting untuk dilakukan. Mencoba mengerti kondisi bawahan tersebut menunjukkan kecintaan terhadap mereka.

Meskipun indikatorkebaikan seorang pemimpin sangatlah subjektif. akantetapi dengan tips dan trik di atas setidaknya dapat memberi gambaran tentang bagaimana menjadi pemimpin yang baik. Menempatkan mereka sebagai manusia yang memiliki lelah dan masalah ketika terus dihadapkan dengan segudang kesibukan. Jangan segan untuk menawarkan bantuan dan berikan support untuk mereka.

Jadilah pemimpin yang baik dan rendah hati. Tidak menggunakan otoritas untuk mengatur bawahan tapi melakukan interasi yang menyenangkan. Sebab memimpin tidak hanya tentang bagaimana cara memberi perintah tetapi juga menerima masukan. Membuka diri terhadap saran dan kritik, mendengar pendapat orang lain.

Bersikap pemberani dengan mengakui kesalahan dan kekurangann di hadapan bawahannya. Sikap demikian akan mengantar seseorang menjadi pemimpin yang dicintai dan disegani karyawan. Pemimpin yang sukses adalah mereka yang tidak hanya memilikisegudang prestasi dan jumlah bawahan yang banyak, akan tetapi bagaimana menjadi seorang yang berkarakter dalam memimpin.

Penulis 
Komentar Anda

Berita Terkini